ANALISIS SITIRAN BUKU PADA TUGAS AKHIR PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS TAHUN 2015 TERHADAP KETERSEDIAANNYA DI PERPUSTAKAAN POLITEKNIK NEGERI SEMARANG

Latifa, Maizi (2016) ANALISIS SITIRAN BUKU PADA TUGAS AKHIR PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS TAHUN 2015 TERHADAP KETERSEDIAANNYA DI PERPUSTAKAAN POLITEKNIK NEGERI SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Budaya.

[img]PDF
2621Kb

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan peneliti dalam menemukan sumber informasi atau literatur untuk keperluan referensi penelitiannya. Perpustakaan sebagai penyedia informasi berkewajiban menyediakan referensi yang dibutuhkan pemustaka. Salah satu cara untuk mengetahui kebutuhan pemustaka dengan melakukan analisis sitiran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sitiran buku yang terdapat pada Tugas Akhir Program Studi Administrasi Bisnis Tahun 2015 berupa jumlah sitiran, bahasa yang disitir, tahun terbit buku yang disitir, paro hidup literatur, pengarang yang sering disitir ketersediaan koleksi yang disitir di Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang serta hubungan sitiran buku dengan ketersediaan koleksi di Perpustakaan Polines. Penelitian ini bersifat kuantitatif menggunakan analisis sitiran. Sampel penelitian berjumlah 113 tugas akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Data diperolah dari sitiran pada tugas akhir yang kemudian difoto. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa editing, koding, verifikasi, dan tabulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah sitiran buku pada tugas akhir yaitu 1626 sitiran. Hampir seluruh sitiran (1606 atau 98,77%) menggunakan buku berbahasa Indonesia. Sebagian kecil (20 atau 1,23 %) menyitir buku berbahasa Inggris. Tahun terbit buku yang disitir adalah tahun 1981-2015. Berdasarkan hasil perhitungan median, usia paro hidup literatur yang disitir adalah 7 tahun. Pengarang yang sering disitir adalah Sugiyono dengan 81 sitiran. Sebagian besar (52 %) buku yang disitir pada Tugas Akhir Program Studi Administrasi Bisnis tahun 2015 tidak tersedia di Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang. Buku yang tersedia hampir setengahnya saja yaitu 48 %. Berdasarkan pengecekan tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara sitiran buku dengan ketersediaan koleksi di Perpustakaan Polines. Mahasiswa tetap menyitir buku walaupun tidak tersedia di perpustakaan. Kajian ini dapat bermanfaat bagi Perpustakaan Polines untuk mengembangkan koleksi agar memenuhi kebutuhan informasi pemustaka.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:81339
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Aug 2020 10:41
Last Modified:13 Aug 2020 10:41

Repository Staff Only: item control page