choirunisa, zulfiana (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KAMBING PERAH DI KELOMPOK TANI TERNAK KUNCEN FARM KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Program Studi S1 Agribisnis Departemen Pertanian.
| PDF 101Kb | |
| PDF 133Kb | |
| PDF 228Kb | |
| PDF 458Kb | |
| PDF 30Kb | |
| PDF 969Kb | |
| PDF 153Kb | |
| PDF 104Kb |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pendapatan peternak anggota Kelompok Tani Ternak (KTT) Kuncen Farm, menganalisis faktor internal berkaitan dengan kekuatan dan kelemahan yang ada di KTT Kuncen Farm dan menganalisis faktor eksternal berkaitan dengan peluang dan ancaman yang dihadapi oleh KTT Kuncen Farm. Metode penelitian adalah metode sensus dimana seluruh populasi dijadikan responden penelitian sebanyak 21 orang anggota Kelompok Tani Ternak Kuncen Farm dan responden pada Forum Group Discussion terdiri dari 2 responden anggota Dinas Pertanian, 2 responden anggota Dinas Ketahanan Pangan dan 5 responden anggota Kelompok Tani Ternak Kuncen Farm. Metode analisis data dengan analisis perhitungan pendapatan dan analisis tiga formulasi strategis menggunakan matriks Internal Factor Evaluation(IFE), matriks External Factor Evaluation (EFE), matriks Internal-External (IE), Matriks Strenght-Weakness- Opportunity-Threats (SWOT) dan matriks Quantitative Strategic Planning (QSP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa anggota Kelompok Tani Ternak Kuncen Farm memiliki rata-rata pendapatan Rp 883.864/bulan dan perhitungan R/C ratio sebesar 1,58>1 yang artinya secara ekonomi usaha kambing perah menguntungkan. Analisis faktor internal pada pengembangan usaha kambing perah memiliki kekuatan terbesar yaitu pengolahan produk susu dan kelemahan terbesar yaitu tidak ada peran kelompok dalam pemasaran. Analisis faktor eksternal pada pengembangan usaha kambing perah memiliki peluang terbesar yaitu daya beli masyarakat tinggi sedangkan ancaman terbesar yaitu produk kurang menarik dan penyerapan produk di pasar rendah. Prioritas strategi yang menarik Kelompok Tani Ternak Kuncen Farm adalah menginformasikan kepada masyarakat manfaat susu kambing secara berkelompok. Kata kunci: kambing perah, strategi bisnis, SWOT
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness |
ID Code: | 81321 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 19 Nov 2020 13:26 |
Last Modified: | 19 Nov 2020 13:26 |
Repository Staff Only: item control page