PENGARUH INTERVENSI MINDFULNESS SPIRITUAL ISLAM TERHADAP TINGKAT DEPRESI PADA PASIEN DI RSJD Dr. AMINO GONDOHUTOMO PROVINSI JAWA TENGAH

Asiah, Asiah and Dwidiyanti, Meidiana and Wijayanti, Diyan Yuli (2019) PENGARUH INTERVENSI MINDFULNESS SPIRITUAL ISLAM TERHADAP TINGKAT DEPRESI PADA PASIEN DI RSJD Dr. AMINO GONDOHUTOMO PROVINSI JAWA TENGAH. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

4Mb
[img]Microsoft Word
860Kb
[img]Microsoft Word
860Kb

Abstract

Gangguan depresi salah satu masalah kejiwaan yang sering ditemukan, menyebabkan gangguan kualitas hidup yang berat hingga dapat membuat penderitanya melakukan percobaan bunuh diri. Intervensi mindfulness spiritual islam merupakan suatu latihan yang melibatkan Allah SWT dalam setiap proses dengan tujuan membantu individu untuk secara sadar memahami kondisi atau pengalaman yang dihadapi bukan sebagai kebetulan tetapi peristiwa dibuat oleh Allah SWT. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh mindfulness spiritual islam terhadap tingkat depresi pada pasien di RSJD Amino Gondohutomo Provinsi Jawa Tengah. Metode penelitian menggunakan quasi experimental with control group pre test -post test design. Populasi 195, purposive sampling dengan kriteria inklusi dan ekslusi, sampel 50 responden (25 kelompok intervensi dan 25 kelompok kontrol). Pengukuran tingkat depresi menggunakan kuestioner Back Depression Inventory (BDI), Kelompok Intervensi menggunakan Standar Operasional Prosedur (S.O.P) mindfulness spiritual islam sebanyak 6 kali intervensi dengan durasi 15-25 menit yang dilakukan oleh perawat. Analisa bivariate menggunakan uji statistik Mann Witney U Test. Hasil menggambarkan terdapat perbedaan tingkat depresi sesudah diberikan intervensi (p = 0,000 < 0,05), sehingga ada pengaruh intervensi mindfulness spiritual islam dalam menurunkan tingkat depresi pada pasien.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:79097
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Dec 2019 15:45
Last Modified:30 Dec 2019 15:45

Repository Staff Only: item control page