PENGARUH SUPERVISI MODEL REFLEKTIF TERHADAP KETEPATAN PENERAPAN PRINSIP ENAM BENAR PEMBERIAN OBAT OLEH PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP

Nuryani , Eni and Dwiantoro, Luky and Nurmalia, Devi (2019) PENGARUH SUPERVISI MODEL REFLEKTIF TERHADAP KETEPATAN PENERAPAN PRINSIP ENAM BENAR PEMBERIAN OBAT OLEH PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

11Mb
[img]Microsoft Word
5Mb

Abstract

Program Studi Magister Keperawatan Konsentrasi Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan Departemen Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro November, 2019 ABSTRAK Eni Nuryani Pengaruh Supervisi Model Reflektif terhadap Ketepatan Penerapan Prinsip Enam Benar Pemberian Obat oleh Perawat di Ruang Rawat Inap xviii + 87 halaman + 18 tabel + 5 gambar + 14 lampiran Prinsip enam benar pemberian obat merupakan prosedur dan legalitas bagi perawat di rumah sakit dalam pemberian obat. Hasil riset sebelumnya menunjukkan bahwa perawat dalam menerapkan prinsip enam benar pemberian obat masih rendah. Hasil studi pendahuluan ditemukan adanya ketidaktepatan penerapan prinsip enam benar obat. Supervisi model reflektif diperlukan untuk meningkatkan ketepatan penerapan prinsip enam benar pemberian obat dengan cara yang sangat interaktif dan aktif belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh supervisi model reflektif terhadap ketepatan penerapan prinsip enam benar pemberian obat oleh perawat di ruang rawat inap. Penelitian dilakukan dengan metode Quasy experimental pre-post test control group design, intervensi supervisi model reflektif diberikan kepada kelompok intervensi selama 2 minggu. Populasi adalah perawat di ruang rawat inap. Jumlah sampel adalah 78 perawat terdiri atas kelompok intervensi 39 perawat dan kelompok kontrol 39 perawat. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling (non probability sampling). Analisa statistik menggunakan Wilcoxon dan Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan ketepatan penerapan prinsip enam benar pemberian obat oleh perawat sesudah diberikan intervensi supervisi model reflektif antara kelompok intervensi dan kontrol (p = 0,000 < 0,05). Hasil uji Korelasi Spearman bahwa nilai Rho = 0,657 dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan kuat supervisi model reflektif terhadap ketepatan penerapan prinsip enam benar pemberian obat oleh perawat di ruang rawat inap. Disarankan bagi kepala ruang untuk memberikan supervisi model reflektif secara rutin untuk mempertahankan dan meningkatkan ketepatan penerapan prinsip enam benar pemberian obat oleh perawat. Kata kunci : Supervisi, model reflektif, prinsip enam benar obat Daftar Pustaka : 65 (2000-2019)

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:79025
Deposited By:Mr Bekti Iskandar
Deposited On:26 Dec 2019 13:40
Last Modified:26 Dec 2019 13:40

Repository Staff Only: item control page