PENGARUH TERAPI MINDFULNESS TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PASIEN SKIZOFRENIA DENGAN APLIKASI ANDROID SI-DESIS DI RUMAH SAKIT JIWA

Kurniasari, Cecilia Indri and Dwidiyanti, Meidiana and Sari , Sri Padma (2019) PENGARUH TERAPI MINDFULNESS TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PASIEN SKIZOFRENIA DENGAN APLIKASI ANDROID SI-DESIS DI RUMAH SAKIT JIWA. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

6Mb
[img]Microsoft Word
681Kb

Abstract

ABSTRAK Cecilia Indri Kurniasari Pengaruh Terapi Mindfulness terhadap Interaksi Sosial Pasien Skizofrenia dengan Aplikasi Android SI-DESIS di Rumah Sakit Jiwa xix + 78 Halaman + 7 Tabel + 5 Gambar + 14 Lampiran Pasien skizofrenia mengalami kerusakan interaksi sosial karena adanya gangguan afektif, kognitif, dan psikomotor yang dialami. Masalah interaksi sosial ini membutuhkan intervensi keperawatan untuk meningkatkan interaksi sosial serta perlu adanya sistem yang bisa memonitor perkembangan kemampuan interaksi sosial pasien skizofrenia dengan aplikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi mindfulness terhadap interaksi sosial pasien skizofrenia dengan aplikasi android SI-DESIS. Seluruh partisipan dipilih dengan purposive sampling kriteria inklusi partisipan berusia 17-60 tahun, terdiagnosa medis skizofrenia, kondisi tenang dan kooperatif dengan PANSS skor 10, bersedia menjadi partisipan, serta dapat membaca dan menulis. Pasien skizofrenia sebanyak 52 orang dibagi dalam kelompok intervensi dan kontrol. Pemberian terapi mindfulness dilakukan selama enam kali dan pre-test serta post-test dinilai dengan Kuesioner Interaksi Sosial dan Lembar Observasi Perilaku. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan interaksi sosial pada pasien (U=12,000, p< 0,05). Peningkatan interaksi sosial terkait dengan penekanan pada tahap terapi mindfulness yaitu tahap kenyamanan dan tahap target sehat mandiri. Terapi mindfulness berbasis aplikasi android SI-DESIS dapat diaplikasikan untuk interaksi sosial pasien skizofrenia. Kata Kunci: aplikasi android,interaksi sosial, mindfulness, skizofrenia Daftar Pustaka: 85 (1971-2019)

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:78818
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Dec 2019 10:44
Last Modified:15 Feb 2023 10:23

Repository Staff Only: item control page