AKTIVITAS ANTIBAKTERI Aspergillus sp. DARI ASOSIASI SPONS TERHADAP MDR Escherichia coliDAN Methycillin Resistant Staphylococcus aureus

RIZKY , RIFATMA JEZZI (2019) AKTIVITAS ANTIBAKTERI Aspergillus sp. DARI ASOSIASI SPONS TERHADAP MDR Escherichia coliDAN Methycillin Resistant Staphylococcus aureus. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1133Kb

Abstract

Keberadaan bakteri MDR seperti Escherichia coli dan Methycillin Resistant Staphylococcus aureus di kehidupan manusia sangat merugikan, karena bakteri tersebut resisten terhadap beberapa jenis antibiotik. Penelitian ini bertujuan mengetahui aktivitas ekstrak kasar jamur Aspergillus sp. terhadap bakteri Escherichia coli dan Methycillin Resistant Staphylococcus aureus (MRSA) strain MDR dan mengetahui dugaan senyawa fitokimia yang dimiliki jamur Aspergillus sp. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai bulan Mei 2019. Isolat jamur simbion spons berasal dari koleksi laboratorium Marine Natural Product. Penelitian yang dilakukan adalah penanaman jamur pada media modifikasi (kaldu ikan dengan glukosa dan kaldu ikan dengan fruktosa), identifikasi morfologi secara mikroskopik jamur Aspergillus sp., uji aktivitas antibakteri, dan uji fitokimia menggunakan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aspergillus sp. dapat tumbuh dengan baik di media kaldu ikan dengan glukosa dan kaldu ikan dengan fruktosa. Zona hambat terbesar ekstrak kasar Aspergillus sp. di media dengan kode IG ada pada masa kultur 9 hari sebesar 4,32 mm, sedangkan di media dengan kode IF ada pada masa kultur 6 hari, dengan besar 2,83 mm terhadap bakteri MRSA. Konsentrasi ekstrak yang digunakan untuk uji aktivitas antibakteri adalah 500µg/cakram atau dengan konsentrasi stok 50.000 ppm. Senyawa bioaktif yang diduga terdapat pada ekstrak kasar Aspergillus sp.adalah saponin, alkaloid, dan kelompok senyawa fenolik, terutama flavonoid. Kata kunci : Aspergillus sp., Media Kaldu Ikan dengan Glukosa, Media Kaldu Ikan dengan Fruktosa, Antibakteri, Analisis Senyawa Bioaktif.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Marine Science
ID Code:77268
Deposited By:Pancasila Wati FPIK
Deposited On:21 Oct 2019 08:10
Last Modified:21 Oct 2019 08:10

Repository Staff Only: item control page