PENAMBAHAN EKSTRAK Sargassum sp. HASIL EKSTRAKSI ENZIMATIK PADA PAKAN TERHADAP PERFORMA PERTUMBUHAN DAN SISTEM IMUN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei)

TRI, MULYADI (2019) PENAMBAHAN EKSTRAK Sargassum sp. HASIL EKSTRAKSI ENZIMATIK PADA PAKAN TERHADAP PERFORMA PERTUMBUHAN DAN SISTEM IMUN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei). Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
909Kb

Abstract

Intensifikasi budidaya udang vaname (L. vannamei) menyebabkan akumulasi limbah budidaya di perairan sehingga dapat menjadi masalah baru yaitu menyebabkan stres lingkungan dan menjadi faktor berkembangnya organisme patogen. Organisme patogen yang berkembang dan menyerang pada budidaya udang, dapat menyebabkan kematian massal. Upaya mengatasi kematian massal dilakukan melalui tindakan preventif dengan pemberian pakan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh, selain itu juga meningkatkan pertumbuhan. Bahan alam yang memiliki kedua fungsi tersebut yaitu rumput laut sargassum. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak sargassum hasil ekstraksi enzimatik pada pakan terhadap performa pertumbuhan dan sistem imun udang vaname (L. vannamei). Penelitian dilaksanakan di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara, pada bulan Mei-Juli 2018. Hewan uji yang digunakan yaitu udang vaname sejumlah 300 ekor dengan bobot rata-rata 10,63±0,3 g/ekor. Penelitian dilakukan menggunakan metode eksperimental dengan rancangan acak lengkap (RAL), terdiri dari 3 perlakuan dan 2 ulangan. Perlakuan yang diterapkan, A (pakan dengan penambahan ekstrak sargassum 0 g/kg pakan), B (pakan dengan penambahan ekstrak sargassum secara enzimatik protease 2 g/kg pakan) dan C (pakan dengan penambahan ekstrak sargassum secara enzimatik karbohidrase 2 g/kg pakan). Hasil penelitian menunjukkan, penambahan ekstrak sargassum hasil ekstraksi enzimatik pada pakan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap laju pertumbuhan spesifik (SGR) masing-masing 1,36±0,06 %/hari (perlakuan B) dan 1,38±0,03 %/hari (perlakuan C), serta rasio konversi pakan (FCR) masing-masing 1,96±0,01 (perlakuan B) dan 1,94±0,04 (perlakuan C). Selain itu, penambahan ekstrak sargassum hasil ekstraksi enzimatik pada pakan juga mampu meningkatkan sistem imun baik pada total hemocyte count (THC) dan aktivitas fagositosis (FA), dengan nilai tertinggi pada akhir penelitian masing-masing sebesar 49,69 (x10 6 sel/mL) dan 72,50 %.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:77132
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Oct 2019 10:41
Last Modified:21 Oct 2019 10:41

Repository Staff Only: item control page