ANALISIS PEMASARAN HASIL TANGKAPAN IKAN KEMBUNG (Rastrelliger sp) DI TPI TAWANG KABUPATEN KENDAL

FAISAL , KARIM (2019) ANALISIS PEMASARAN HASIL TANGKAPAN IKAN KEMBUNG (Rastrelliger sp) DI TPI TAWANG KABUPATEN KENDAL. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1299Kb

Abstract

Pemanfaatan sumberdaya ikan Kembung (Rastrelliger sp) di TPI Tawang tidak hanya masalah produksi tetapi meliputi masalah distribusi pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pola distribusi pemasaran ikan Kembung, marjin dan fisherman’s share serta efisiensi pemasaran pada setiap pelaku usaha. Metode penelitian yaitu deskriptif studi kasus. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian yaitu 15 orang nelayan mini purse seine, 15 orang nelayan payang, 5 orang pedagang luar kota, 5 prang pedagang Pasar Kobong, 10 orang pedagang sedang, dan 15 orang pedagang skala kecil. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis pendapatan usaha, R/C ratio, marjin pemasaran, efisiensi pemasaran dan fisherman’s share. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa terdapat 2 bentuk saluran pemasaran pemasaran ikan Kembung ukuran besar dan 2 bentuk saluran pemasaran pada ikan kembung ukuran kecil. Persentase marjin pemasaran ikan Kembung ukuran besar pada saluran pemasaran 1 adalah sebesar 85,29% dan saluran pemasaran 2 yaitu sebesar 81,43%. Persentase marjin pemasaran ikan Kembung ukuran kecil pada saluran pemasaran 1 adalah sebesar 77,39% dan saluran pemasaran 2 yaitu sebesar77,62%. Persentase Fisherman’s share pada ikan Kembung ukuran besar saluran pemasaran 1 yaitu 14,71% dan pada saluran pemasaran 2 yaitu sebesar 18,57%. Persentase Fisherman’s share pada ikan Kembung ukuran kecil saluran pemasaran 1 yaitu 22,61% dan pada saluran pemasaran 2 yaitu sebesar 22,68%. Nilai efisiensi pemasaran terbesar untuk ikan Kembung ukuran besar untuk saluran pemasaran 1 yaitu pedagang pasar Kobong sebesar 0,07 dan saluran pemasaran 2 yaitu pedagang sedang sebesar 0,08. Sedangkan nilai efisiensi pemasaran terbesar ikan Kembung ukuran kecil untuk saluran pemasaran 1 yaitu pedagang sedang sebesar 0,08 dan saluran pemasaran 2 sebesar 0,16. Berdasarkan hasil nilai efisiensi pemasaran ikan Kembung di TPI Tawang diketahui efisien, karena didapatkan nilai efisiensi kurang dari 1.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:77015
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Oct 2019 11:59
Last Modified:21 Oct 2019 11:59

Repository Staff Only: item control page