Analisis Kelimpahan Bakteri Pseudomonas sp. pada Kawasan KJA dan Non KJA di Perairan Desa Bejalen Rawa Pening, Jawa Tengah

Estri , Nur’aini (2019) Analisis Kelimpahan Bakteri Pseudomonas sp. pada Kawasan KJA dan Non KJA di Perairan Desa Bejalen Rawa Pening, Jawa Tengah. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
602Kb

Abstract

Rawa pening disebut sebagai danau alami karena terbentuk melalui proses alami dari letusan Gunung api Ungaran Tua, yang menyumbat Kali Pening di daerah Tuntang dan mengakibatkan terendamnya lembah Kali Pening. Luas danau ini sekitar 1.770 s/d 2.770 Ha. Desa Bejalen merupakan salah desa di Ambarawa yang termasuk dalam lingkup wilayah Danau Rawa Pening. Karamba Jaring Apung (KJA) merupakan suatu metode budidaya dengan menggunakan jaring di permukaan perairan yang diberi pelampung. Banyak kegiatan budidaya menghasilkan limbah yang menjadi salah satu sumber bahan organik di dalam perairan. Pemecahan molekul limbah KJA yang banyak mengandung nitrat dilakukan oleh beberapa jenis bakteri denitrifikasi secara aerob. Salah satu jenis bakteri denitrifikasi yang bersifat aerob yaitu Pseudomonas sp. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelimpahan bakteri Pseudomonas sp. di kawasan KJA dan Non KJA serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kelimpahan bakteri Pseudomonas sp. di kawasan KJA dan Non KJA. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 15 - 29 April 2019 untuk pengambilan air sampel yang digunakan menganalisis total bakteri Pseudomonas sp. serta nitrat dan DO (Oksigen terlarut). Perhitungan total bakteri menggunakan metode TPC (Total Plate Count) dengan media GSP (Glutamate Starch Phenol). Total bakteri yang diperoleh di kawasan KJA lebih fluktuatif berkisar antara 1,3 x 10 4 hingga 8,2 x 10 4 CFU/ml sedangkan di kawasan Non KJA berkisar antara 0,7 x10 4 hingga 4,2 x10 4 CFU/ml. Dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan total bakteri Pseudomonas sp. di kawasan KJA dan Non KJA.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:76855
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Oct 2019 13:55
Last Modified:21 Oct 2019 13:55

Repository Staff Only: item control page