Konstruksi Realitas Media Massa Tempo dan Republika dalam Pemberitaan Basuki Tjahaja Purnama Pasca Pilkada Putaran Pertama DKI Jakarta 2017

Onny , Safwedha (2019) Konstruksi Realitas Media Massa Tempo dan Republika dalam Pemberitaan Basuki Tjahaja Purnama Pasca Pilkada Putaran Pertama DKI Jakarta 2017. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
758Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1537Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
733Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
683Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
372Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
299Kb

Abstract

Penelitian menjelaskan bagaimana Konstruksi Realitas yang dibentuk oleh media massa dalam pemberitaan Basuki Tjahaja Purnama pasca Pilkada DKI Jakarta 2017. Teori Konstruksi Realitas Sosial (Peter L. Berger dan Thomas Luckman) digunakan untuk menjelaskan bagaimana pembentukan realitas yang dilakukan oleh media massa. Lalu Teori Agenda Setting (Bernard C. Cohen) digunakan untuk menjelaskan bagaimana media massa membentuk persepsi dari sebuah peristiwa sehingga dianggap penting bagi khalayak. Penelitian ini menggunakan analisis framing. Dengan menggunakan teknik analisis framing dari Robert N. Entman untuk menganalisa pemberitaan yang dimuat oleh media massa. Objek dari penelitian berupa informasi dan data penelitian ini adalah berita-berita Tempo dan Republika periode pemberitaan 18 Februari – 13 April 2017, sebanyak 20 berita dari masing-masing media. Hasil penelitian menunjukan bahwa kebijakan redaksional dari masingmasing media mempengaruhi sudut pandang yang diambil dalam pemberitaan sebuah peristiwa. Kebijakan redaksional yang diambil oleh Tempo, membuat Tempo terlihat berusaha lebih objektif dalam melakukan pemberitaan. Tempo memberikan pembertiaan dan kritik yang cukup netral dan berimbang, seperti misi Tempo sebagai media yang independen. Tempo dan Republika memiliki kebijakan redaksional yang sedikit berbeda dalam melakukan pemberitaan terhadap Basuki Tjahaja Purnama. Selanjutnya, Republika memberikan pemberitaan yang cenderung dalam sudut pandang yang lebih Islami, seperti misi Republika untuk mengutamakan kepentingan umat Islam. Hasil penelitianya bahwa Tempo cenderung menampilkan informasi yang berimbang atau informasi yang sama banyaknya dari kedua belah pihak yang pro dan kontra. Dibandingkan dengan Republika yang cenderung berat disalah satu sisi, karena menggutamakan pemberitaan yang Islami. Kata Kunci : Konstruksi Realitas, Media Massa, Kebijakan Redaksional, Sudut Pandang Media ix ABSTRACT TITLE : TEMPO AND REPUBLIKA'S MASS MEDIA REALITY

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:76071
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Sep 2019 13:51
Last Modified:16 Sep 2019 13:51

Repository Staff Only: item control page