Refgi , Septian (2019) Implementasi Penggunaan dana BOS untuk Pengembangan Guru dan Fasilitas Sekolah di SMP Kota Semarang. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.
| PDF - Published Version 1027Kb | |
| PDF - Published Version 819Kb | |
| PDF - Published Version 388Kb | |
| PDF - Published Version 463Kb | |
| PDF - Published Version 391Kb | |
| PDF - Published Version 201Kb |
Abstract
Implementasi penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) merupakan salah satu kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan untuk segala lapisan masyarakat dengan membiayai kegiatan-kegiatan operasional sekolah. Tetapi dana BOS tadi bisa dipakai juga untuk hal lain yaitu pengembangan guru dan fasilitas sekolah yang terdapat dalam komponen pengembangan profesi guru, tenaga kependidikan dan pengembangan manajemen sekolah sedangkan untuk fasilitas terdapat dalam komponen pemeliharaan sarana prasarana dan pembelian alat multimedia pembelajaran. Namun, masih belum semua sekolah memenuhi seluruh komponen penggunaan dana BOS termasuk komponen untuk pengembangan guru dan fasilitas sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Kota Semarang yaitu SMP Negeri 1, 2 dan 19 Kota Semarang. Penelitian ini dilakukan berdasarkan implementasi yang dilakukan masih belum memenuhi seluruh komponen BOS terutama komponen pengembangang guru dan komponen fasilitas sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi penggunaan dan BOS untuk pengembangan guru dan fasilitas sekolah di SMP Kota Semarang dan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi implementasi penggunaan dana BOS untuk pengembangan guru dan fasilitas sekolah di SMP Kota Semarang. Peneliti menggunakan model implementasi van Meter dan van Horn dengan menggunakan pendekatan top-down. Berdasarikan hasil penelitian, implementasi penggunaan dana BOS untuk pengembangan guru dan fasilitas sekolah di SMP Kota Semarang belum optimal akibat dipengaruhi faktor sasaran dan tujuan yaitu tidak adanya kepastian dan penilaian dalam memenuhi komponen pengembangan guru dan fasilitas sekolah serta tidak ada reward yang diberikan ke sekolah sebagai pelaksana untuk memberikan stimulus dalam memaksimalkan penggunaan dana BOS Katakunci : Implementasi, bantuan operasional sekolah, pengembangan guru,
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
ID Code: | 75988 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 05 Sep 2019 09:01 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 13:20 |
Repository Staff Only: item control page