Kegiatan Public Relations Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Melakukan Konsultasi Hukum Melalui Dialog Interaktif Sosialisasi Jaksa Menyapa

Dwinta , Sari Anggraeni (2019) Kegiatan Public Relations Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Melakukan Konsultasi Hukum Melalui Dialog Interaktif Sosialisasi Jaksa Menyapa. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
339Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
346Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
269Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1233Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1016Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
162Kb

Abstract

Penelitian yang berjudul “Kegiatan Public Relations Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Melakukan Konsultasi Hukum Melalui Dialog Interaktif Sosialisasi Jaksa Menyapa” bertujuan untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah yang bekerjasama dengan RRI Semarang dalam menigkatkan minat masyarakat melakukan konsultasi hukum melalui dialog interaktif sosialisasi Jaksa Menyapa. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang mengumpulkan informasi seluas-luasnya terhadap objek penelitian, mengumpulkan informasi mengenai gejala atau keadaan yang ada. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara (indept interview) dengan 6 narasumber, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku, internet dan juga arsip Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah. Hasil penelitian ini mendeskripsikan mengenai kegiatan Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah dalam meningkatkan minat masyarakat melakukan konsultasi hukum dengan melakukan empat langkah. Tahapan pertama yaitu melakukan pengumpulan data dan fakta (fact finding) melalui pemantauan berita pada media cetak dan media online yaitu dengan rutin membuat kliping pers. Hal ini dilakukan untuk melihat berita kejahatan apa saja yang sedang marak-maraknya terjadi dikalangan masyarakat. Tahapan yang kedua yaitu membuat perencanaan (planning) program atau kegiatan mengenai apa saja yang perlu dipersiapkan pada program sosialisasi Jaksa Menyapa agar saat pelaksanaannya dapat berjalan sesuai dengan yang sudah direncanakan sejak awal. Selanjutnya melakukan komunikasi (communications) yaitu merealisasikan perencanaan yang sudah disusun dengan matang. Pada tahapan ini sangat penting untuk diperhatikan karena berpengaruh langsung terhadap minat masyarakat melakukan konsultasi hukum. Tahapan yang terakhir adalah melakukan evaluasi (evaluations) terhadap program yang telah dilaksanakan dengan cara melihat apakah terdapat kendala atau masalah. Jika ada, maka akan melakukan perbaikan dan jika tidak ada kendala atau masalah maka akan tetap melakukan peningkatan agar lebih baik lagi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Public Relations
ID Code:75950
Deposited By:Mr/mrs Fisip Undip
Deposited On:29 Aug 2019 14:05
Last Modified:29 Aug 2019 14:05

Repository Staff Only: item control page