EFEKTIVITAS PEMBERIAN INSENTIF KEPADA TENAGA PENDIDIK KEAGAMAAN NON FORMAL MADRASAH DINIYAH (MADIN) DI BAGIAN KESEJAHTERAAN RAKYAT PEMERINTAH KOTA SEMARANG

MEDY , ALAN DARMAWAN (2019) EFEKTIVITAS PEMBERIAN INSENTIF KEPADA TENAGA PENDIDIK KEAGAMAAN NON FORMAL MADRASAH DINIYAH (MADIN) DI BAGIAN KESEJAHTERAAN RAKYAT PEMERINTAH KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1420Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
370Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
177Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
823Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
14Kb

Abstract

Efektivitas merupakan pencapaian tujuan dalam sebuah organisasi, dimana tujuan tersebut telah ditetapkan sebelumnya. Efektivitas diartikan sebagai suatu bentuk tingkatan keberhasilan yang telah mencapai sasaran oleh organisasi. Penelitian ini mengkaji efektivitas pemberian insentif kepada Tenaga Pendidik Keagamaan Non Formal Madrasah Diniyah (Madin) di Bagian Kesejahateraan Rakyat Pemerintah Kota Semarang. Permasalahan yang diteliti yaitu mengenai efektivitas pemberian insentif melalui 4 (empat) faktor yang mempengaruhi efektivitas ini dikaji melalui Priansa dan Garnida (2015) yaitu : karakteristik organisasi, karakteristik lingkungan, karakteristik pekerja, dan karakteristik manajemen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Metode penelitian yang digunakan yaitu tringulasi metode dengan membandingkan hasil : wawancara terstruktur antara masing-masing informan, dan membandingkan hasil observasi dengan hasil wawancara serta studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil menunjukkan bahwa masih terdapat permasalahan terkait efektivitas pemberian insentif di Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Semarang. Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pemberian insentif kepada Tenaga Pendidik Keagamaan Non Formal Madrasah Diniyah (Madin) seperti kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pelayanan pemberian insentif, koordinasi antara petugas pemberian insentif dan petugas koordinator lapangan terkadang menjadi kendala, waktu pemberian insentif tidak menentu atau tidak sesuai dengan jadwal yang ditentukan, proses ataupun penyelesaian pekerjaan masih belum sesuai dengan prinsip-prinsip efektivitas. Namun demikian, prosedur pemberian insentif telah sesuai dengan kaedah Standar Operasional Prosedure (SOP) dan peranan pemimpin telah melakukan peran dan fungsinya. Kata kunci : Efektivitas, Insentif, Pendidikan Non Formal.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Office Administration and Secretary
ID Code:75946
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Aug 2019 14:09
Last Modified:29 Aug 2019 14:09

Repository Staff Only: item control page