Pengalaman Keluarga dalam Merawat Pasien Kanker yang Mendapat Kemoterapi : Studi Kualitatif dengan Pendekatan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA)

Mubarokah, Itsnaini and Sakti, Hastaning (2019) Pengalaman Keluarga dalam Merawat Pasien Kanker yang Mendapat Kemoterapi : Studi Kualitatif dengan Pendekatan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
83Kb
[img]
Preview
PDF
95Kb

Abstract

Prosedur pengobatan medis penyakit kanker yang panjang dan berat menyebabkan perubahan yang signifikan tidak hanya pada pasien, tetapi juga sistem dan peran dalam keluarga. Keluarga yang bertindak sebagai caregiver informal bagi pasien kanker menjadi orang-orang yang terkena dampak langsung dari proses perawatan. Penelitian ini melengkapi literatur yang ada dengan berusaha mengeksplorasi pengalaman caregiver keluarga dalam merawat pasien kanker yang mendapat kemoterapi. Penelitian ini bertujuan memahami bagaimana keluarga sebagai caregiver memaknai pengalaman pribadinya dalam merawat pasien kanker. Partisipan berjumlah tiga orang caregiver keluarga pasien kanker yang dipilih dengan teknik purposive. Wawancara dijalankan secara semi-terstruktur. Transkrip wawancara kemudian dianalisis dengan pendekatan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Tema superordinat yang ditemukan mencakup (1) dinamika menerima diagnosis, (2) kanker sebagai penyakit yang mengancam kehidupan, (3) coping yang dikembangkan, (4) beban dalam merawat, (5) keinginan untuk menolong, (6) spiritualitas yang berkembang, (7) kepuasan dalam tanggung jawab, (8) upaya mempertahankan kesehatan, (9) tantangan perawatan, dan (10) dukungan sosial. Ketiga partisipan menunjukkan pemaknaan dan memiliki pengalaman yang beragam di aspek kehidupannya. Kata Kunci: pengalaman, caregiver keluarga, pasien kanker

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:75909
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Sep 2019 13:16
Last Modified:19 Sep 2019 13:16

Repository Staff Only: item control page