Pengaruh Pengawasan Orang Tua dan Tingkat Konformitas Peer Group Pada Perilaku Anak dalam Memilih Makanan yang Baik untuk Dikonsumsi

Cania , Kanza (2017) Pengaruh Pengawasan Orang Tua dan Tingkat Konformitas Peer Group Pada Perilaku Anak dalam Memilih Makanan yang Baik untuk Dikonsumsi. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
301Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
370Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1111Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
313Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
202Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan makanan di televisi terhadap perilaku memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi dengan ditentukan oleh pengawasan orang tua dan tingkat konformitas peer group anak. Konsep yang digunakan untuk menjelaskan pengaruh terpaan iklan makanan di televisi terhadap perilaku memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi dengan ditentukan oleh pengawasan orang tua adalah konsep dari penelitian Moniek Buijzen dan Patti M. Valkenburg pada tahun 2003 tentang The Effects of Television Advertising on Materialism, Parent-Child Conflict, and Unhappiness: A Review of Research. Sedangkan untuk menjelaskan pengaruh terpaan iklan makanan di televisi terhadap perilaku memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi dengan dikontrol oleh tingkat konformitas peer group anak adalah konsep dari penelitian Lucia A.Reisch, et.al pada tahun 2012 tentang Experimental Evidence on The Impact of Food Advertising on Children’s Knowledge about and Preferences for Healthful Food. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan tipe penelitian yang digunakan adalah eksplanatori. Sampel dalam penelitian ini adalah anak-anak Kelas 4 dan 5 SD Negeri Sampangan 01 Kota Semarang sebanyak 100 responden. Dalam uji hipotesis, penulis menggunakan analisis regresi linier berganda. Uji hipotesis membuktikan adanya pengaruh antara terpaan iklan makanan di televisi terhadap perilaku memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi dengan ditentukan oleh pengawasan orang tua dan tingkat konformitas peer group dengan nilai signifikansi 0,000 dan 0,015.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:75870
Deposited By:Perpustakaan Fisip Undip
Deposited On:27 Aug 2019 13:59
Last Modified:27 Aug 2019 13:59

Repository Staff Only: item control page