Pengembangan model persamaan konsumsi bahan bakar efisien untuk mobil penumpang berbahan bakar bensin sistem injeksi elektronik (efi)

SINAGA , Nazaruddin and Purnomo, S.J and Dewangga, A. (2013) Pengembangan model persamaan konsumsi bahan bakar efisien untuk mobil penumpang berbahan bakar bensin sistem injeksi elektronik (efi). In: Proceeding Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin XII (SNTTM XII) , 23-24 Oct 2013, Bandar Lampung, Indonesia.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

614Kb

Official URL: http://prosiding.bkstm.org/prosiding/seminar/2013

Abstract

Salah satu masalah yang timbul untuk dapat mengemudi secara efisien adalah bahwa pengemudi sulit untuk mengetahui kondisi operasi kendaraan yang memberikan tingkat konsumsi bahan bakar yang minimum. Oleh karena itu perlu dikembangkan suatu metoda untuk dapat dengan mudah mengetahui kondisi operasi yang efisien ini. Dalam makalah ini akan dikemukan hasil penelitian untuk memperoleh persamaan sederhana yang dapat digunakan untuk memperkirakan kecepatan kendaraan yang memberikan tingkat konsumsi bahan bakar yang minimum. Dengan hasil penelitian ini pengemudi kendaraan dapat memperkirakan dengan mudah pada kecapatan berapa sebaiknya kendaraan dioperasikan. Penelitian dilakukan di dalam laboratorium dan di jalan bebas hambatan dengan melibatkan 7 jenis mobil penumpang berbahan bakar bensin dengan sistem injeksi elektronik (EFI). Pengukuran berbagai kondisi kendaraan serta konsumsi bahan bakar dilakukan dengan sistem akuisisi data menggunakan engine scanner dengan memvariasikan kecepatan kendaraan dan posisi gigi transmisi. Selanjutnya data hasil pengukuran diolah secara statistik dan dicari kecenderungannya, serta dibandingkan dengan beberapa hasil yang terdapat di dalam literatur. Dari analisis data ini diperoleh 7 buah persamaan untuk setiap kendaraan, yang merupakan fungsi dari konsumsi bahan bakar terhadap kecepatan kendaraan. Penggabungan 7 persamaan ini menghasilkan persamaan konsumsi bahan bakar efisien yang berlaku umum, yaitu: FC = 0,0025 V – 0,2983 V + 12,421 dengan factor korelasi R2 = 91,05%. Berdasarkan perbandingan dengan dengan hasil sebelumnya dari literatur dapat disimpulkan bahwa kecenderungan fungsi persamaan konsumsi bahan bakar efisien untuk kendaraan sistem EFI ini mempunyai bentuk yang paling sederhana. Dengan adanya persamaan ini maka pengemudi dapat mengetahui dengan mudah pada kecepatan berapa sebaiknya menjalankan kendaraannya. Namun demikian untuk meningkatkan ketelitian persamaan konsumsi bahan bakar ini masih diperlukan pengujian dan pengukuran terhadap berbagai merk dan tipe mobil.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: model, konsumsi, bahan bakar, efisien, mobil penumpang
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:75837
Deposited By:Mr Nazaruddin Sinaga
Deposited On:27 Aug 2019 10:19
Last Modified:27 Aug 2019 20:13

Repository Staff Only: item control page