IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERATURAN MENTERI SOSIAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 29 TAHUN 2012 TENTANG TARUNA SIAGA BENCANA DALAM PENANGGULANGAN BENCANA DI KOTA SEMARANG

Fauzan , Ersad (2016) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERATURAN MENTERI SOSIAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 29 TAHUN 2012 TENTANG TARUNA SIAGA BENCANA DALAM PENANGGULANGAN BENCANA DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
50Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
94Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
18Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
77Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
37Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
18Kb

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi belum berjalan dengan baiknya pelaksanaan penanggulangan bencana di Kota Semarang, hal itu ditandai dengan belum maksimalnya pelaksanaan pada saat pra bencana, tanggap darurat bencana, dan pasca bencana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana Implementasi Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia nomor 29 tahun 2012 tentang Taruna Siaga Bencana di Kota Semarang yang dapat dinilai melalui tiga fenomena yaitu pra bencana, tanggap darurat bencana, dan pasca bencana. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil implementasi kebijakan peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia nomor 29 tahun 2012 tentang Taruna Siaga Bencana dalam Penanggulangan Bencana di Kota Semarang ini masih menemui kendala dalam upaya penanggulangan bencananya. Peneliti menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan menghambat yang ditemukan di lapangan, diantaranya adanya kesesuaian antara kebijakan dengan organisasi pelaksana, dukungan masyarakat, komunikasi antar lini, ketersediaan sumber daya manusia, dan alokasi sumber daya finansial. Penelitian ini merekomendasikan beberapa hal, diantaranya yaitu perlu peningkatan sumber daya baik secara kuantitas maupun kualitas, memaksimalkan sistem peringatan dini, meningkatkan keaktifan dalam penyampaian informasi kepada kelompok sasaran, dan memaksimalkan peran dalam penanganan psikososial kepada korban bencana.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
ID Code:75809
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Aug 2019 09:09
Last Modified:26 Aug 2019 09:09

Repository Staff Only: item control page