FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN MENARCHE DINI PADA SISWI SEKOLAH DASAR DI DAERAH PERKOTAAN (STUDI DI KECAMATAN PATI, KABUPATEN PATI)

TYAS, AYU DYA PUSPANING (2019) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN MENARCHE DINI PADA SISWI SEKOLAH DASAR DI DAERAH PERKOTAAN (STUDI DI KECAMATAN PATI, KABUPATEN PATI). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
44Kb

Abstract

Menarche dini adalah menstruasi yang terjadi pada perempuan dibawah usia 12 tahun. Belum diketahui faktor yang mempengaruhi terjadinya menarche dini pada siswi sekolah dasar di Kecamatan Pati. Tujuan penelitian ini menganalisis faktor yang berhubungan dengan kejadian menarche dini pada siswi sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain studi cross sectional. Populasinya yaitu siswi kelas 4-6, yang berjumlah 220 responden. Analisis bivariat menggunakan Rank Spearman (p<0,05 ada hubungan). Hasil menunjukkan tidak terdapat hubungan antara status sosial ekonomi dengan kejadian menarche dini (p=0,422) dan tingkat konsumsi minuman bersoda dengan kejadian menarche dini (p=0,403). Faktor-faktor yang berhungan dengan kejadian menarche dini yaitu status gizi, usia menarche ibu, presentase lemak tubuh, tingkat aktivitas fisik dan paparan media audio visual. Diharapkan responden tidak konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan minuman bersoda, serta orang tua lebih mengawasi anak dalam mengakses media audio visual Kata Kunci: Menarche Dini, Faktor yang Berhubungan, Perkotaan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:75761
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Aug 2019 15:52
Last Modified:23 Aug 2019 15:52

Repository Staff Only: item control page