EFEKTIVITAS PELAYANAN PENGINTEGRASIAN INFORMASI MELALUI PUSAT INFORMASI PUBLIK DI DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA, STATISTIK DAN PERSANDIAN KOTA SEMARANG

Nur , Vita Rahmawati (2018) EFEKTIVITAS PELAYANAN PENGINTEGRASIAN INFORMASI MELALUI PUSAT INFORMASI PUBLIK DI DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA, STATISTIK DAN PERSANDIAN KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
569Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
532Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
447Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
275Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
109Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
90Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang efektivitas pelayanan pengintegrasian informasi melalui Pusat Informasi Publik (PIP) di Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Semarang. Dalam kenyataan pelaksanaan pengintegrasian informasi di PIP yang dilakukan masih terdapat permasalahan yaitu tidak tepatnya waktu pemenuhan permohonan informasi yang lebih dari 10 hari ketentuan maksimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif menggunakan analisis taksonomi dengan unsur yang diteliti yaitu pencapaian tujuan dikatakan berhasil didukung oleh faktor organisasi berupa pembagian kerja yang jelas sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam mencapai tujuannya sebagai perwujudan sentralisasi informasi, namun terdapat faktor pekerja yang menghambat pelaksanaan yaitu masih kurangnya kemampuan teknologi yang dialami pegawai dalam pengintegrasian informasi. Kedua, integrasi dipengaruhi faktor lingkungan yang kondusif sehingga mendukung pengintegrasian informasi, namun faktor pekerja menghambat pengintegrasian informasi karena terdapat rolling pegawai yang menyebabkan pegawai baru diharuskan memahami tugasnya dari awal. Ketiga, adaptasi didukung oleh faktor organisasi berupa pembagian kerja sesuai dengan SOP sehingga meminimalisir kesalahan pada saat proses adaptasi dilakukan, namun faktor pekerja menghambat pelaksanaan adaptasi karena kurangnya pemahaman perangkat mengenai pengintegrasian informasi. Rekomendasi untuk peneliti lain diharapkan dapat meneliti bentuk kelembagaan dan kedudukan PIP.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
ID Code:75511
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Aug 2019 14:00
Last Modified:16 Aug 2019 14:00

Repository Staff Only: item control page