Analisis Penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dalam Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat di Desa Pagersari Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang

Afifah , Rachmadeva Amartha (2018) Analisis Penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dalam Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat di Desa Pagersari Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1490Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
904Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
213Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
402Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
257Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
188Kb

Abstract

Berdasarkan Permendagri Nomor 37 tahun 2007 menyebutkan sumber keuangan desa dari Alokasi Dana Desa (ADD) digunakan untuk pembiayaan pemberdayaan masyarakat sebesar 70% dari total penerimaan ADD di masing-masing desa. Desa Pagersari merupakan desa yang belum mencapai batas penggunaan ADD untuk pembiayaan pemberdayaan masyarakat sebesar 70% dan program pemberdayaan masyarakat yang belum sesuai kebutuhan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penggunaan ADD terhadap program pemberdayaan masyarakat berdasarkan Perbup Semarang Nomor 1 tahun 2016 serta untuk mengetahui hambatan penggunaan ADD dalam kegiatan program pemberdayaan masyarakat desa Pagersari. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dalam menganalisis penggunaan ADD terhadap program pemberdayaan masyarakat masih belum tepat dari aspek azas pengelolaan ADD yaitu transparansi dan partisipatif; Kesesuaian ADD yang merupakan bagian integral dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa dari perencanaan, pelaksanaan sampai pertanggungajawaban; Penggunaan ADD sebesar 70% untuk belanja pemberdayaan masyarakat. Faktor penghambat penggunaan ADD terhadap program pemberdayaan masyarakat yaitu faktor kepatuhan implementor pada ketentuan yang berlaku; masyarakat yang masih pasif. Rekomendasi yang diberikan perlunya dilakukan komunikasi antara pelaksana kebijakan dengan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, perlu dilakukan pendidikan komitmen untuk pelaksana kebijakan agar maksimal menjalankan tugasnya, perlu penyesuaian target program pemberdayaan dan sifat keberlanjutan program.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
ID Code:75456
Deposited By:Perpustakaan Fisip Undip
Deposited On:16 Aug 2019 08:58
Last Modified:16 Aug 2019 08:58

Repository Staff Only: item control page