PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIANKOSMETIKSARIAYU MARTHA TILAAR (Studi Kasus pada Konsumen Perempuan Berusia > 15 tahun di Konter Martha Tilaar PasarSwalayan ADA Semarang)

Siti , Rachma (2018) PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIANKOSMETIKSARIAYU MARTHA TILAAR (Studi Kasus pada Konsumen Perempuan Berusia > 15 tahun di Konter Martha Tilaar PasarSwalayan ADA Semarang). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
150Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
266Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
222Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
386Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
30Kb

Abstract

Sariayu Martha Tilaar merupakan merek produk kosmetik pertama yang diproduksi oleh PT. Martina Berto Tbk. yang berbahan dasar bahan-bahan natural atau rempah hasil kekayaan Indonesia dan pernah merajai pasar industri kosmetik di Indonesia. Namun, ditengah persaingan produk kosmetik yang sangat ketat ini menyebabkan produk kosmetik Sariayu Martha Tilar tidak lagi merajai pasar kosmetik di Indonesia. Harga kosmetik Sariayu yang terjangkau tidak sebanding dengan kualitas produk Sariayu di kulit wajah konsumen sehingga menyebabkan konsumen hanya membeli kosmetiknya dalam jumlah yang sedikit, dan dengan nominal atau total nilai belanja yang kecil serta jarang membeli kosmetik Sariayu. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian kosmetik Sariayu Martha Tilaar pada Konter Martha Tilaar Pasar Swalayan ADA Semarang.Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research, dengan sampel 100 responden konsumen Sariayu Martha Tilaar. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria responden wanita yang berusia lebih dari 15 tahun, dan khusus pengguna kosmetik Sariayu. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala pengukuran Likert. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi (R), analisis regresi linear sederhana, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi (R2), uji t dan uji F dengan menggunakan program SPSS for Windows. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa harga Sariayu memiliki pengaruh yang rendah (lemah) terhadap keputusan pembelian Sariayu Martha Tilaar baik secara parsial maupun secara simultan. Sedangkan, kualitas produk kosmetik Sariayu tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian Sariayu Martha Tilaar baik secara parsial maupun secara simultan. Dua variabel telah diuji secara bertahap maupun bersama-sama menunjukkan bahwa variabel harga (0,127) dan kualitas produk (- 0,066) secara simultan memiliki hubungan pada tingkat rendah dan sangat rendah terhadap variabel keputusan pembelian. Besarnya sumbangan dari variabel harga lebih besar dari sumbangan variabel kualitas produk, nilai koefisien determinasi (R2) untuk variabel harga sebesar 12,4% dan kualitas produk hanya sebesar 2%. Untuk meningkatkan keputusan pembelian kaitannya dengan harga, maka saran dari peneliti adalah sebaiknya pemberian discount dilakukan untuk konsumen yang membayar secara tunai juga dan sering diadakan serta pemberian bonus produk dengan barang yang menarik, sedangkan kaitannya dengan kualitas produk, maka sarannya adalah sebaiknya perlu memperbaiki kandungan kosmetik agar lebih tahan lama, memperbanyak produk yang bersifat waterproof dan memperbaiki kemasan produk agar lebih kuat tahan banting.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:75441
Deposited By:Perpustakaan Fisip Undip
Deposited On:15 Aug 2019 15:07
Last Modified:15 Aug 2019 15:07

Repository Staff Only: item control page