Pengaruh Brand Image, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Penggunaan Jasa (Studi Kasus Penumpang KA Kaligung PT KAI Daop IV Semarang)

Prabowo , Budi Utomo (2018) Pengaruh Brand Image, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Penggunaan Jasa (Studi Kasus Penumpang KA Kaligung PT KAI Daop IV Semarang). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
908Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
754Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
534Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1529Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
169Kb

Abstract

Pada era globalisasi ini menjadikan semakin pesatnya aktivitas dan mobilitas masyarakat, maka dari itu sarana transportasi merupakan suatu bagian yang sangat dibutuhkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Peluang ini menyebabkan persaingan antar perusaan yang bergerakn di bidang jasa trasnpoertasi untuk menarik konsumen dan memeprtahankan konsumennya dengan strategi pemasaran yang mereka terapkan. Salah satu perusahan jasa transportasi di Indonesia adalah PT Kereta Api Indonesia dan salah satu armada yang dimiliki adalah KA Kaligung Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand Image, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan penggunaan jasa (studi kasus penumpang KA Kalgung PT KAI DAOP IV Semarang). Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive atau sampel berdasarkan tujuan. Adapun jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden, yang merupakan penumpang KA Kaligung. Penelitian yang digunakan untuk mengetahui pengaruh brand Image, promosi dan kulaitas pelayanan terhadap keputusan penggunaan jasa menggunakan statistik dengan bantuan sistem IBM SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa brand Image berpengaruh terhadap keputusan penggunaan jasa dengan menyumbang 49,7% sedangkan promosi berpengaruh terhadap keputusan penggunaan jasa menumbang 48,4% dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan jasa meyumbang 51,8%. Sedangkan, secara simultan brand Image, promosi dan kualitas pelaynan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan jasa dengan menyumbang 74%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain selain brand Image, promosi dan kualitas pelayanan. Berdasarkan perhitungan Uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara beand iamge, promosi dan kualitas pelayanan. Artinya semakin baik brand Image, promosi dan kualitas pelayanan maka semakin baik keputusan penggunan jasa KA Kaligung. Saran dalam penelitian ini adalah menimgkatkan bradn image, meningkatkan promosi serta rasa kualitas pelayanan sehingga dapat meningkatkan keputusan penggunaan jasa.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:75433
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Aug 2019 14:27
Last Modified:15 Aug 2019 14:27

Repository Staff Only: item control page