PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN SALES (Studi Kasus pada PT. Nasmoco Cabang Magelang)

Nurina , Szafira Putri (2018) PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN SALES (Studi Kasus pada PT. Nasmoco Cabang Magelang). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
417Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1414Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1414Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1413Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1414Kb

Abstract

PT. Nasmoco Cabang Magelang sebagai perusahaan yang bergerak dibidang otomotif masih terdapat tingkat kinerja beberapa karyawan bagian Sales yang rendah seperti pencapaian target kuantitas maupun kualitas yang belum maksimal, kurangnya controlling,pemberian arahan 6 kerja,kurangnya apresiasi dari supervisor dan kurangnya motivasi dari diri karyawan. Hal tersebut diduga dikarenakan terdapat kepemimpinan dan motivasi kerja karyawan yang dinilai masih kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh yang diberikan oleh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan bagian Sales PT. Nasmoco Cabang Magelang. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penjelasan (eksplanatory research), dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala pengukuran likert. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, koefisien korelasi (R), uji regresi, koefisien determinasi (R2), signifikansi uji t dan uji F dengan aplikasi SPSS 22.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kepemimpinan dan motivasi kerja memiliki pengaruh yang signifikan, kuat dan positif terhadap kinerja karyawan bagian Sales. Dua variabel telah diuji secara terpisah maupun bersama-sama menunjukan hasil bahwa variabel kepemimpinan secara signifikan memiliki pengaruh positif kuat terhadap variabel kinerja karyawan, artinya apabila kepemimpinan dan motivasi kerja baik maka kinerja tinggi, sebaliknya apabila kepemimpinan dan motivasi kerja kurang baik maka kinerja rendah. Dari hasil nilai koefisien determinasi, besarnya sumbangan yang dimiliki oleh variabel kepemimpinan lebih besar dari besaran sumbangan yang dimiliki variabel motivasi kerja. Saran yang dapat disampaikan adalah perusahaan harus meningkatkan kepemimpinan dan motivasi kerja agar kinerja tinggi, seperti supervisor jelas dalam memberikan arahan kepada karyawan, supervisor dapat memotivasi karyawan agar dapat mencapai target kerja, dan supervisor lebih dapat mengawasi kinerja karyawannya. Selain itu, dengan memberikan reward bagi karyawan yang berprestasi akan membuat karyawan menjadi semangat dan akan terus memperbaiki kinerjanya sehingga hasil pekerjaan menjadi lebih baik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:75431
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Aug 2019 13:53
Last Modified:15 Aug 2019 13:53

Repository Staff Only: item control page