PENGARUH ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR (OCB) DAN SELF EFFICACY TERHADAP KINERJA KARYAWAN PRODUKSI CV TIRTA MAKMUR UNGARAN

Ilma , Kurnia Isnani (2018) PENGARUH ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR (OCB) DAN SELF EFFICACY TERHADAP KINERJA KARYAWAN PRODUKSI CV TIRTA MAKMUR UNGARAN. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
366Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
373Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
337Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
602Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
98Kb

Abstract

Sumber daya manusia memegang peran utama untuk menjalankan roda kehidupan organisasi. Berbagai macam faktor dapat mempengaruhi kinerja karyawan diantaranya perilaku intra-role dan extra-role. Perilaku extra-role atau yang lebih dikenal dengan Organizational Citizenship Behaviour (OCB) dan self efficacy merupakan faktor penting untuk kinerja karyawan yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Organizational Citizenship Behaviour (OCB) dan self efficacy terhadap kinerja karyawan produksi CV Tirta Makmur Ungaran. Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research, dengan jumlah sampel sebanyak 67 responden menggunakan pendekatan sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala pengukuran likert. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji regresi linier sederhana, uji regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji signifikansi (uji t dan uji F) dengan SPSS For Windows 21.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Organizational Citizenship Behaviour (OCB) dan self efficacy memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan. Secara parsial OCB memiliki pengaruh sebesar 31% terhadap kinerja karyawan. Self efficacy memiliki pengaruh yang signifikan (parsial) terhadap kinerja karyawan sebesar 25,5%. Sedangkan secara bersama-sama OCB dan self efficacy memiliki pengaruh yang signifikan sebesar 37,1% terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan hasil penelitian tentang besarnya pengaruh OCB dan self efficacy, maka disarankan agar perusahaan lebih memperhatikan perilaku ekstra dari karyawan produksi CV Tirta Makmur Ungaran dan meningkatkan kepercayaan diri karyawan untuk bekerja lebih baik setiap harinya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:75386
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Aug 2019 13:38
Last Modified:14 Aug 2019 13:38

Repository Staff Only: item control page