“PENGARUH ORIENTASI WIRAUSAHA DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN

Fitriyana , Rahmawati Kusuma Putri (2018) “PENGARUH ORIENTASI WIRAUSAHA DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
664Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
787Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
252Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
618Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
96Kb

Abstract

Pasar Klewer merupakan pasar pusat batik nusantara dari berbagai penjuru kota di Indonesia dan juga menjadi salah satu ikon Kota Surakarta. Pasar Klewer mendapatkan predikat pasar produksi tekstil terbesar di Asia Tenggara. Pedagang telah berjualan di Pasar Klewer sejak puluhan tahun di mana kemampuan pelaku usaha yang menentukan lajunya usaha agar terus berlanjut.Orientasi wirausaha yang dapat menggabungkan setiap kombinasi untuk menghasilkan nilai tambah yang besar dari sebelumnya. Pedagang tidak dapat berkembang tanpa adanya pelanggan dan pesaing di mana orientasi pasar menjadi sesuatu yang penting dalam setiap usaha. Dari sinilah produk tersebut mempunyai keunggulan lain dibanding produk pesaing lain di pasar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui orientasi wirausaha dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan UMKM perdagangan Pasar Klewer Surakarta. Tipe penelitian ini adalah explanatory research, dengan sampel sebanyak 97 responden yang berusia minimal 21 tahun dan lama usaha minimal 5 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Metode analisis data yang digunakan menggunakan program SPSS 16 for windows. Berdasarkan hasil analisis perhitungan SPSS 16 for windows dapat dijelaskan bahwa hasil uji pengaruh langsung antara orientasi wirausaha dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan pada model penelitian ini menunjukan hasil pengaruh yang positif dan signifikan. Hal ini terbukti melalui hasil perhitungan nilai F hitung sebesar 22,802 yang lebih besar dari F tabel yaitu 3,093 yang menunjukkan bahwa tinggi rendahnya Orientasi Wirausaha dan Orientasi Pasar akan mempengaruhi Keunggulan Bersaing Berkelanjutan UMKM Perdagangan Pasar Klewer di Surakarta. Hasil uji tersebut juga diperkuat dengan analisis korelasi yang dikategorikan sedang dengan nilai alfa 0,572 serta hasil perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar 32,7% yang artinya adalah variabel Keunggulan Bersaing Berkelanjutan dapat dijelaskan oleh variabel Orientasi Wirausaha dan Orientasi Pasar sebesar 32,7%. Saran yang diajukan meliputi peningkatkan kemampuan memahami peluang pasar, menciptakan inovasi menjadi pioneer. Peningkatan mencari informasi pasar, memperhatiakan seni dan selera pelanggan dan memberikan informasi edukasi mengenai keunikan produk kepada pelanggan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:75355
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Aug 2019 13:40
Last Modified:13 Aug 2019 13:40

Repository Staff Only: item control page