“PENGARUH KEMUDAHAN PENGUNAAN DAN MANFAAT TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE PERTAMINA GO” (Survey pada pengguna Aplikasi Mobile Pertamina GO di Kota Semarang)

Very , Torganda Tampubolon (2018) “PENGARUH KEMUDAHAN PENGUNAAN DAN MANFAAT TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE PERTAMINA GO” (Survey pada pengguna Aplikasi Mobile Pertamina GO di Kota Semarang). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1006Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1193Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
594Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1064Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
153Kb

Abstract

Pertamina Go adalah aplikasi online atau tools bagi para pelanggan untuk melakukan aktivitas digital terkait produk dan layanan Pertamina. Secara keseluruhan, manfaat utama dari Pertamina GO adalah memberi kemudahan bagi para pelanggan untuk mendapat informasi terkait layanan dan produk Pertamina. Hingga februari 2017 jumlah pengguna hanya mencapai 18.284 masih jauh dari target perusahaan yaitu sebesar 100.000 pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh yang diberikan oleh kemudahan penggunaan dan manfaat terhadap penggunaan aplikasi pertamina Go di Kota Semarang. Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research dimana teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan alat bantu kuesioner, sample yang digunakan berjumlah 100 orang dengan menggunakan teknik accidental. Responden yang dipilih adalah pengguna aplikasi pertamina Go di Kota Semarang. Metodologi yang digunakan untuk menganalisis data primer dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linear sederhana, regresi linear berganda, dan uji signifikansi (uji t dan F) dengan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan aplikasi Pertamina Go sebesar 75,7% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor selain kemudahan penggunaan. Manfaat berpengaruh signifikan terhadap penggunaan aplikasi Pertamina Go sebesar 77,8% sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor selain manfaat. Sedangkan, secara simultan kemudahan penggunaan dan Manfaat berpengaruh signifikan terhadap penggunaan aplikasi pertamina go sebesar 84,4% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain selain kemudahan penggunaan, dan manfaat . Artinya semakin baik kemudahan penggunaan dan manfaat maka semakin tinggi penggunaan aplikasi pertamina Go Selain itu manfaat mempunyai pengaruh yang paling besar dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,418. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar PT. Pertamina (Persero) memberikan kemudahan penggunaan yang semakin baik dan meningkatkan fitur-fitur yang ada terdapat dalam aplikasi sehingga yang sesuai dengan manfaat yang diberikan pada aplikasi pertamina Go.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:75335
Deposited By:Perpustakaan Fisip Undip
Deposited On:12 Aug 2019 15:33
Last Modified:12 Aug 2019 15:33

Repository Staff Only: item control page