PENGARUH TARIF DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN LAYANAN GO-RIDE (Studi Kasus Pada Pengguna Go-Ride di Kota Tangerang Selatan)

Rina , Suci Wulandari (2018) PENGARUH TARIF DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN LAYANAN GO-RIDE (Studi Kasus Pada Pengguna Go-Ride di Kota Tangerang Selatan). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
954Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
445Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
321Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
672Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Di era globalisasi sekarang ini persaingan pasar khususnya dibidang transportasi umum semakin ketat membuat Go-Ride harus menentukan strategi untuk dapat bersaing. Permasalahan dalam penelitian ini adalah transaksi yang menurun dan tidak pernah mencapai target periode 2015-2016 pada layanan Go-Ride. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tarif dan kualitas pelayanan terhadap keputusan penggunaan layanan Go-Ride di Kota Tangerang Selatan. Tipe penelitian ini adalah explanatory research, dengan populasinya adalah pengguna layanan Go-Ride di Kota Tangerang Selatan. Sedangkan sampelnya sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan pendekatan area sampling. Metode analisis yang digunakan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, dan uji signifikansi (uji t dan uji f) dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 20.0. Variabel tarif masuk dalam kategori baik. Nilai t hitung (1,859) > t tabel (1,660). Koefisien korelasi 0,185 dan koefisien determinasi 3,4%. Variabel kualitas pelayanan masuk dalam kategori baik. Nilai t hitung (7,191) > t tabel (1,660). Koefisien korelasi 0,588 dan koefisien determinasi 34,5%. Variabel keputusan penggunaan masuk dalam kategori baik. Nilai f hitung (25,993) > f tabel (3,09). Penelitian ini menyimpulkan bahwa tarif dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun variabel tarif dan variabel kualitas pelayanan sudah baik, tetapi terdapat faktor lain yang mempengaruhi keputusan pengguanaan layanan Go-Ride di Kota Tangerang Selatan, yaitu konsumen tidak menjadikan layanan Go-Ride sebagai prioritas utama dalam menggunakan jasa transportasi ojek online. Peneliti menyarankan perusahaan untuk menambah keunggulan Go-Ride, misalnya dengan menambah fitur telepon dalam aplikasi sehingga privasi konsumen lebih terjaga, fitur untuk memilih pengemudi, dan fitur untuk mengubah lokasi tujuan. Go-Ride juga perlu menambahkan fasilitas yang dapat meningkatkan kenyamanan konsumen dalam berkendara.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:75328
Deposited By:Perpustakaan Fisip Undip
Deposited On:12 Aug 2019 14:32
Last Modified:12 Aug 2019 14:32

Repository Staff Only: item control page