Pengaruh Promosi, Store Atmosphere, dan Kemudahan Pembayaran Terhadap Impulse Buying ( Studi Kasus Pada Matahari Departemen Store Java Mall kota Semarang)

Muhammad , Aji Pratama (2018) Pengaruh Promosi, Store Atmosphere, dan Kemudahan Pembayaran Terhadap Impulse Buying ( Studi Kasus Pada Matahari Departemen Store Java Mall kota Semarang). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
452Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
383Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
341Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
956Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
34Kb

Abstract

Impulse buying adalah suatu kondisi yang terjadi ketika individu mengalami perasaan terdesak secara tiba-tiba yang tidak dapat dilawan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi impulse buying antara lain karakteristik produk seperti harga produk yang rendah, karakteristik pemasaran seperti pemasangan iklan, material yang akan didiskon, dan posisi barang yang dipamerkan, dan karakteristik situasional seperti kepribadian, dan demografis konsumen. Masalah pada penelitian kali ini adalah terjadi penurunan jumlah transaksi sebesar 9,8 % dan traffic konsumen sebesar 4,4 % pada Matahari Department Store Java Supermall Semarang tahun 2016. Hal tersebut bertolak belakang dengan tujuan perusahaan dalam melakukan promosi, store atmosphere dan kemudahan pembayaran agar dapat menarik minat beli konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, store atmosphere, dan kemudahan pembayaran terhadap impulse buying baik secara parsial atau simultan. Hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh variabel independen memiliki pengaruh positif terhadap variabel dependen, baik secara parsial maupun simultan yang menunjukan adanya pengaruh variabel promosi, store atmosphere, dan kemudahan pemabayaran terhadap impulse buying. Sementara dilihat dari uji regresi berganda, variabel promosi memiliki nilai terbesar atau terkuat dengan nilai beta sebesar 0,429, diikuti variabel store atmosphere dengan nilai beta sebesar 0,322, dan variabel kemudahan pembayaran dengan nilai beta sebesar 0,256. Dari penelitian ini diharapkan perusahaan mempertahankan promosi yang dilakukan. Hal ini dikarenakan pada penelitian kali ini variabel promosi memiliki nilai terbesar atau terkuat dibandingkan dua variabel lainnya, sehingga dengan meningkatkan promosi dapat memicu minat beli konsumen terutama pembelian tak terencana (impulse) pada produk perusahaan. Keywords:

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:75324
Deposited By:Perpustakaan Fisip Undip
Deposited On:12 Aug 2019 13:29
Last Modified:12 Aug 2019 13:29

Repository Staff Only: item control page