PENGARUH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT. SOLO MURNI (STUDI KASUS PADA BAGIAN PRODUKSI)

Lutfan , Danu Saputro (2018) PENGARUH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT. SOLO MURNI (STUDI KASUS PADA BAGIAN PRODUKSI). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
471Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
412Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
360Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
520Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
40Kb

Abstract

Dewasa ini persaingan bisnis yang semakin ketat mendorong perusahaan untuk memiliki kompetensi agar dapat berkembang dan bersaing dengan perusahaan lain. Untuk dapat berkembang perusahaan harus dapat memahami keinginan karyawan supaya mendapatkan karyawan yang memiliki kepuasan kerja tinggi di dalam dirinya. Adanya peningkatan karyawan yang keluar setiap tahunnya selama tiga tahun belakangan, diasumsikan bahwa terjadi masalah mengenai kepuasan kerja yang ada di dalam diri karyawan pada bagian produksi PT SOLO MURNI. Menurut data yang diperoleh bahwa setiap tahunnya angka kecelakaan kerja yang terjadi pada bagian produksi selalu meningkat, selain itu sistem pembagian kompensasi gaji yang diterima karyawan tidak menentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel K3 dan kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan. Alat analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif, analisis kuantitatif, uji kualitas data, uji korelasi, uji regresi, dan uji signifikansi dengan bantuan SPSS 16 for windows. Hasil pengujian menunjukkan terdapat pengaruh secara positif dan signifikan antara K3 terhadap kepuasan kerja karyawan. Berdasarkan koefisien determinasi variabel kepuasan kerja dapat dijelaskan sebesar 28% oleh variabel K3. Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan antara kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan. Berdasarkan koefisien determinasi variabel kepuasan kerja dapat dijelaskan sebesar 26,3% oleh variabel kompensasi. Hasil pengujian menunjukkan K3 dan kompensasi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kepuasan kerja karyawan. Secara simultan K3 dan kompensasi berpengaruh pada kepuasan kerja karyawan sebesar koefisien determinasi 33,1%. Berdasarkan hasil uji linear berganda K3 mempunyai pengaruh paling besar terhadap kepuasan kerja karyawan dengan signifikansi 0,03. PT SOLO MURNI diharapkan melengkapi alat pelindung diri, memperbarui alat pelindung diri dengan kualitas terbaik, serta menambah jaminan kesehatan dengan mendirikan klinik kesehatan di dalam area perusahaan, agar kepuasan kerja karyawan meningkat

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:75321
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Aug 2019 13:06
Last Modified:12 Aug 2019 13:06

Repository Staff Only: item control page