PENGARUH RETURN ON ASSETS (ROA), RETURN ON EQUITY (ROE), EARNING PER SHARE (EPS), PRICE BOOK VALUE (PBV), DAN DEBT TO EQUITY RATIO (DER) TERHADAP RETURN SAHAM

Sitanggang, Fransiska Sepriana (2018) PENGARUH RETURN ON ASSETS (ROA), RETURN ON EQUITY (ROE), EARNING PER SHARE (EPS), PRICE BOOK VALUE (PBV), DAN DEBT TO EQUITY RATIO (DER) TERHADAP RETURN SAHAM. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
708Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
556Kb
[img]
Preview
PDF - Accepted Version
303Kb
[img]
Preview
PDF - Accepted Version
1305Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
57Kb

Abstract

Ketika seorang investor ingin melakukan investasi, investor harus mempertimbangkan hal-hal yang dapat mempengaruhi return saham. Analisis teknis dan fundamental telah menjadi solusi bagi investor untuk memprediksi harga saham. Secara khusus, studi ini membahas tentang analisis fundamental dengan menilai kinerja perusahaan yang digambarkan pada laporan keuangan perusahaan dengan rasio sebagai alat untuk menganalisis laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS), Price to Book Value (PBV) dan Debt to Equity Ratio (DER) baik secara parsial maupun simultan terhadap return saham pada sektor properti & real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012 -2016. Pada penelitian ini data yang digunakan merupakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 33 perusahaan sub sektor properti dan real estate. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linear sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ROA, ROE, dan EPS memiliki pengaruh terhadap return saham, sedangkan PBV dan DER tidak memiliki pengaruh terhadap return saham, dan secara simultan menunjukkan terdapat pengaruh antara ROA, ROE, EPS, PBV dan DER secara simultan terhadap return saham. Disarankan agar perusahaan sub sektor properti dan real estate dapat menjaga perolehan return dengan meningkatkan strategi dan melakukan efisiensi biaya agar dapat meningkatkan perolehan laba, serta menggunakan rasio earning per share dalam melakukan analisis kinerja perusahaan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:75301
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Aug 2019 09:02
Last Modified:12 Aug 2019 09:02

Repository Staff Only: item control page