PENERAPAN E-GOVERNMENT KOTA SEMARANG PADA TINGKAT KELURAHAN (STUDI KASUS KELURAHAN PLEBURAN DAN KELURAHAN CANGKIRAN KOTA SEMARANG TAHUN 2019)

Tito , Rizky Fitrianto (2019) PENERAPAN E-GOVERNMENT KOTA SEMARANG PADA TINGKAT KELURAHAN (STUDI KASUS KELURAHAN PLEBURAN DAN KELURAHAN CANGKIRAN KOTA SEMARANG TAHUN 2019). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
649Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1397Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1397Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1397Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1395Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan bagaimana penerapan E-Government antara Kelurahan Pleburan dan Kelurahan Cangkiran Kota Semarang pada tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif-deskriptif karena penelitian ini menjelaskan fenomena berkenaan dengan situasi yang terjadi dan dialami sekarang, sikap dan pandangan yang menggejalakan saat sekarang, hubungan antar variabel pertentangan dua kondisi atau lebih, pengaruh terhadap suatu kondisi, dan perbedaan antar fakta. Studi ini dilakukan dengan meminta informasi kepada subjek primer, yaitu sumber dan informan utama serta subjek sekunder, sebagai sumber data tambah dalam memperkuat data. Data tersebut kemudian menjelaskan bagaimana penerapan E-Government antara Kelurahan Pleburan dan Kelurahan Cangkiran Kota Semarang pada tahun 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan E-Government Kota Semarang telah tersebar merata hingga pada tingkat kelurahan. Baik itu Kelurahan Pleburan yang terletak di daerah pusat kota maupun Kelurahan Cangkiran yang terletak di daerah pengembangan. Hal tersebut dapat terwujud karena dukungan penuh Pemerintah Kota Semarang baik dari segi support, capacity, maupun value. Selain itu, menjelaskan juga dampak penerapan E-Government baik dari sisi pihak kelurahan itu sendiri maupun masyarakat sekitar. Dalam kedepannya pemerintah Kota Semarang perlu melakukan peningkatan jumlah Sumber Daya Manusia di bidang Teknologi Informasi yang ditempatkan pada setiap kelurahan di Kota Semarang. Mengadakan kerjasama dengan pihak lain dalam pembuatan aplikasi yang lebih efisien juga diperlukan demi peningkatan performa pelayanan publik berbasis teknologi informasi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:75280
Deposited By:Perpustakaan Fisip Undip
Deposited On:09 Aug 2019 08:38
Last Modified:09 Aug 2019 08:38

Repository Staff Only: item control page