Kemitraan Antar Aktor Dalam Usaha Pengelolaan Ikan Air Tawar (Studi Kasus Di Poklahsar (Kelompok Pengolah dan Pemasaran) Mina Rejeki Kalilondo Kelurahan Sidorejo Kidul Kecamatan Tingkir Kota Salatiga)

NURUL, MARDIYAH (2019) Kemitraan Antar Aktor Dalam Usaha Pengelolaan Ikan Air Tawar (Studi Kasus Di Poklahsar (Kelompok Pengolah dan Pemasaran) Mina Rejeki Kalilondo Kelurahan Sidorejo Kidul Kecamatan Tingkir Kota Salatiga). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
596Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
276Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
746Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
818Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
164Kb

Abstract

Pemerintah daerah dan perangkatnya memiliki tugas pokok dalam memberdayakan masyarakatnya. Dengan demikian, perangkat pemerintahan khususnya Dinas Daerah mempunyai andil besar dalam memberdayakan masyarakat di wilayahnya. Pelaksanaan pemberdayaan ini memerlukan mitra atau kerjasama dari beberapa pihak (stakeholder), mengingat agar kelompok pemberdayaan yaitu Kelompok Pengolah dan Pemasaran Mina Rejeki Kota Salatiga ini dapat berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui stakeholder siapa saja yang terlibat dalam menjalankan kemitraan dengan Kelompok Pengolah dan Pemasaran Mina Rejeki dan menganalisis bagaimana pola kemitraan yang terjadi antara Kelompok Pengolah dan Pemasaran Mina Rejeki dan Dinas-Dinas Kota Salatiga. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi serta telaah dokumen. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan triangulasi sumber yaitu dengan membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan informasi yang diperoleh dalam waktu dan alat yang berbeda. Teknik triangulasi sumber tersebut menggunakan data primer dari hasil observasi dan wawancara, serta data sekunder berupa dokumen terkait. Hasil penelitian tersebut mengungkapkan: 1) aktor yang terlibat dalam kemitraan Poklahsar Mina Rejeki Kota Salatiga dalam usaha pengelolaan ikan air tawar yaitu Bidang Perikanan Dinas Pertanian Kota Salatiga, Dinas Koperasi dan UKM Kota Salatiga serta Bapelibangda Kota Salatiga. Pelibatan beberapa stakeholder membantu mekanisme berjalan secara aktif dan merupakan suatu model awal mewujudkan pengelolaan yang baik. 2) bentuk kemitraan yang terjadi antara Poklahsar Mina Rejeki dengan Dinas-Dinas adalah bermitra dalam hal hal fasilitasi berupa pelatihan, pembinaan, bazar serta permodalan yang berupa pinjaman. Bidang Perikanan Dinas Pertanian Kota Salatiga berperan dalam hal fasilitasi pelatihan yang telah dibuatkan program oleh bappeda. Bappeda mendapat bantuan keuangan untuk pengembangan ekonomi local dan yang menjadi pelaksana adalah Dinas Pertanian Bidang Perikanan. Sedangkan Dinas Koperasi dan UKM memberikan fasilitasi berupa bazar, pelatihan maupun permodalan. Permodalan yang dilakukan oleh Poklahsar Mina Rejeki atas nama pribadi bukan atas nama kelompok. Disarankan aktor-aktor yang terlibat sering mengadakan pelatihan yang dapat meningkatkan pemberdayaan masyarakat, dan keikutsertaan masyarakat di Poklahsar Mina Rejeki tidak mengalami penurunan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:75269
Deposited By:Perpustakaan Fisip Undip
Deposited On:09 Aug 2019 08:40
Last Modified:09 Aug 2019 08:40

Repository Staff Only: item control page