PERAN PEMERINTAH KABUPATEN BREBES DALAM MENANGGULANGI PENYANDANG MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL (PMKS) PADA GELANDANGAN DAN PENGEMIS (STUDI KASUS DESA GRINTING)

M. Zain Yaumil , Akbar (2019) PERAN PEMERINTAH KABUPATEN BREBES DALAM MENANGGULANGI PENYANDANG MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL (PMKS) PADA GELANDANGAN DAN PENGEMIS (STUDI KASUS DESA GRINTING). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
535Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
278Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
423Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
234Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
86Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui permasalahan penanganan Pemerinatah Kabupaten Brebes pada gelandangan dan pengemis mengenai stigma Desa Grinting sebagai Kampung Pengemis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif/kualitatif. Lokasi penelitian di Dinas Sosial Kabupaten Brebes dan Desa Grinting Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah dengan pertimbangan masyarakat daerah ini banyak yang menjadi pengemis dengan cara menggelandang di Kota Jakarta dan sekitarnya. Subyek penelitian ini ditentukan secara purposive didasarkan pada kriteria tertenu, yakni penanggulangan stigma kampung pengemis yang disematkan pada Desa Grinting. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan telaah dokumen mendalam. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengungkap bahwa gelandangan dan pengemis pada Desa Grinting menjadi sebuah profesi sebagian warga,karena memperoleh uang secara instant dan faktor ekonomi atau kemiskinan. Penanggulangan dilakukan oleh pemerintah melalui bantuan dari pemerintah dan pengembangan serta pemberdayaan potensi Desa. Bantuan yang diberikan dari Dinas Sosial sebesar Rp 2.000.000,- per orang. Pengembangan potensi desa melalui ekonomi kreatif yamg memiliki nilai jual ekonomi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:75266
Deposited By:Perpustakaan Fisip Undip
Deposited On:09 Aug 2019 08:40
Last Modified:09 Aug 2019 08:40

Repository Staff Only: item control page