Efektivitas Peran Search For Common Ground dalam Menangani Kejahatan Kemanusiaan terhadap Perempuan dan Anak-Anak Korban Konflik Poso 2009-2016

Linda , Uji Purnasanti (2017) Efektivitas Peran Search For Common Ground dalam Menangani Kejahatan Kemanusiaan terhadap Perempuan dan Anak-Anak Korban Konflik Poso 2009-2016. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
676Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
101Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
314Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
221Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
52Kb

Abstract

Tingginya angka korban dari kalangan perempuan dan anak-anak mendorong SFCG (Search for Common Ground) untuk berperan serta dalam menangani kejahatan kemanusiaan yang menimpa mereka akibat konflik Poso 1998-2001. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas peran SFCG dalam menangani isu kejahatan kemanusiaan tersebut menggunakan metode penelitian kualitatif. Efektivitas peran SFCG sebagai salah satu INGOs (International Non-Government Organizations) dapat dijelaskan menggunakan indikator Nelson tentang peran Organisasi Internasional yang bergerak di bidang konflik dan perdamaian yang juga didukung oleh teori resolusi konflik Galtung mengenai peacebuilding. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa peran SFCG dalam menangani kejahatan kemanusiaan terhadap perempuan dan anak-anak korban konflik Poso selama tahun 2009-2016 dinilai efektif dan patut dijadikan alternatif untuk menangani masalah sosial serupa melalui berbagai bentuk kegiatan internal seperti Komik Perjalanan Mencari Sahabat, Leading Fellowship Program, Peace Leaders Camp, Student Innitiatives on Peacebuilding dan Peace 360. Selain itu, SFCG juga bekerjasama dengan pihak eksternal organisasi untuk mewujudkan perdamaian seperti dengan Pemerintah Indonesia melalui Menkopolhukam dan Kemenag RI, perempuan, Lembaga Adat/Agama, dan Lembaga Pendidikan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JZ International relations
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations
ID Code:75222
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Aug 2019 09:34
Last Modified:08 Aug 2019 09:34

Repository Staff Only: item control page