IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH NOMOR 11 TAHUN 2014 TENTANG PEMENUHAN HAK PENYANDANG DISABILITAS DI SMP NEGERI 5 SEMARANG ( Kajian Pasal 14 dan 15 Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas Bidang Pendidikan)

Irianto, Anisah Dewi (2019) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH NOMOR 11 TAHUN 2014 TENTANG PEMENUHAN HAK PENYANDANG DISABILITAS DI SMP NEGERI 5 SEMARANG ( Kajian Pasal 14 dan 15 Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas Bidang Pendidikan). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
493Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
536Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
549Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
327Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
184Kb

Abstract

Pemenuhan hak penyandang disabilitas adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi penyandang disabilitas dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Penelitian ini difokuskan pada bidang pendidikan yaitu dengan adanya sekolah inklusi dan dilaksanakan di SMP Negeri 5 sebagai salah satu sekolah inklusi di Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses implementasi kebijakan pemenuhan hak penyandang disabilitas bidang pendidikan di SMP Negeri 5 Semarang dan menganalisis faktor yang mempengaruhi keberhasilan kebijakan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan melalui wawancara dengan beberapa informan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pemenuhan hak penyandang disabilitas bidang pendidikan di SMP Negeri 5 Semarang belum optimal dipengaruhi oleh kemampuan guru mata pelajaran yang masih belum optimal dalam menangani Anak Berkebutuhan Khusus di kelas, serta komunikasi antarorganisasi berupa koordinasi dan kejelasan informasi yang belum optimal dari dinas kepada pihak sekolah. Saran yang direkomendasikan adalah pemberian pembinaan teknis bagi guru mata pelajaran di sekolah, peningkatan proses koordinasi dan memberikan kejelasan informasi dari Dinas kepada pihak sekolah dalam menentukan sekolah rujukan bagi penyandang disabilitas.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
ID Code:73922
Deposited By:Perpustakaan Fisip Undip
Deposited On:10 Jul 2019 14:46
Last Modified:10 Jul 2019 14:46

Repository Staff Only: item control page