PERAN PUSPITA BAHARI SEBAGAI ORGANISASI BERBASIS KOMUNITAS DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN NELAYAN (Studi: Perempuan Nelayan Desa Morodemak Kecamatan Bonang Kabupaten Demak)

Prihatiningsih, Tutut Ayu (2019) PERAN PUSPITA BAHARI SEBAGAI ORGANISASI BERBASIS KOMUNITAS DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN NELAYAN (Studi: Perempuan Nelayan Desa Morodemak Kecamatan Bonang Kabupaten Demak). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
535Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
532Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
691Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
579Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
103Kb

Abstract

Organisasi Berbasis Komunitas (OBK) memiliki fokus pelayanan pada bidang masing-masing sesuai dengan visi misi organisasi. Salah satunya yaitu berfokus pada pemberdayaan. Begitu pula dengan Puspita Bahari sebagai Organisasi Berbasis Komunitas satu-satunya di Kabupaten Demak yang melakukan pemberdayaan terhadap perempuan nelayan di wilayah pesisir Kecamatan Bonang Desa Morodemak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara kerja Puspita Bahari dan keberhasilan pemberdayaan perempuan nelayan yang dilakukan serta bagaimana keberlanjutan organisasi Puspita Bahari dalam melakukan pemberdayaan perempuan nelayan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan melakukan triangulasi sumber data. Hasil Penelitian menunjukkan cara kerja Puspita Bahari sebagai organisasi berbasis komunitas dilakukan melalui pemberdayaan ekonomi, pemberdayaan psikologi, pemberdayaan hukum dan menghubungkan mereka pada pemerintah atau lembaga jaringan. Hal itu dilakukan tidak hanya dari Puspita Bahari sendiri melainkan bersama-sama dengan jejaring organisasi. Perempuan nelayan pengolah hasil tangkapan ikan laut yang diberdayakan Puspita Bahari dapat dikatakan sudah berhasil, namun perempuan nelayan pencari ikan di laut belum dapat dikatakan berhasil dikarenakan tidak memiliki usaha ekonomi produktif. Mereka fokus pada pemberdayaan yang memperjuangkan haknya sebagai perempuan nelayan pencari ikan di laut. Upaya keberlanjutan organisasi dilakukan secara internal melalui kaderisasi dan merekrut kader muda agar dapat melanjutkan program atau kegiatan organisasi selain itu juga ada koordinator pada tiga desa lingkup pemberdayaan. Secara eksternal yaitu membangun hubungan kuat dengan jaringan informal (masyarakat)/perempuan nelayan namun Puspita Bahari tidak membangun hubungan kuat dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama. Puspita Bahari membangun hubungan kuat dengan jaringan atau organisasi lokal maupun nasional untuk bermitra.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:73919
Deposited By:Perpustakaan Fisip Undip
Deposited On:10 Jul 2019 14:33
Last Modified:10 Jul 2019 14:33

Repository Staff Only: item control page