PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. INDONESIA POWER DI KAMPUNG SENTRA BATIK ALAM MALON SEMARANG

Ananda, Garda Try (2019) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. INDONESIA POWER DI KAMPUNG SENTRA BATIK ALAM MALON SEMARANG. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
643Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
500Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
249Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
573Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
157Kb

Abstract

Problem kemiskinan di indonesia merupakan masalah sosial yang relevan untuk dikaji terus menerus dan dicarikan solusinya. Gejala kemiskinan semakin meningkat sejalan dengan terjadinya krisis multidimensional yang dihadapi oleh indonesia. Pemberdayaan masyarakat desa menjadi salah satu alternatif dalam menekan kemiskinan. Dalam Program Pemberdayaan diperlukan kerjasama dari semua stakeholder dari pemerintah, swasta dan lembaga lain. Swasta berkewajiban untuk berkontribusi terhadap lingkungan Melalui Program Corporate Social Responsibility salah satunya melalui pemberdayaan masyarakat. Salah satu faktor yang mendukung berhasil tidaknya program pemberdayaan adalah modal sosial, dengan modal sosial yang bagus niscaya tujuan pemberdayaan dapat secara mudah dicapai. PT.Indonesia Power telah melakukan program Corporate Social Responsibilitinya di Kampung Alam Malon melalui Program Kampung Sentra Batik. Metode kualitatif digunakan penulis ingin meniliti citra yang dihasilkan dari program kegiatan CSR. Pada penelitian ini berfokus pada kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dijalankan perusahaan yaitu program CSR yang ditujukan unutk memberikan kontribusi kepada masyarakat dan lingkungan dan meningkatkan perekonomian dan kesejahteran masyarakat Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa program pemberdayaan kurang maksimal dalam mensejahterakan masyarakat hal ini dikarenakan kurangnya peran social capital bridging dan social capital linking dalam pelaksanaan program pemberdayaan . hal ini mengakibatkan minat masyarakat yang tinggi diawal program menjadi relatif menurun seiring dengan berjalanya program pemberdayaan tersebut.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:73907
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Jul 2019 13:09
Last Modified:10 Jul 2019 13:09

Repository Staff Only: item control page