Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Semen yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017)

Harsiatun, Siti (2019) Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Semen yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
504Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
989Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
325Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1200Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
259Kb

Abstract

Nilai perusahaan merupakan kinerja perusahaan yang menggambarkan harga saham yang dibentuk oleh pasar modal yang mencerminkan penilaian masyarakat terhadap kinerja perusahaan. Memaksimalkan nilai perusahaan menjadi salah satu tujuan utama suatu perusahaan. Indikator yang digunakan untuk mengukur nilai perusahaan salah satunya adalah Rasio Tobin’s Q. Selama periode 2015-2017 nilai perusahaan yaitu Rasio Tobin’s Q perusahaan manufaktur sub sektor semen cenderung mengalami penurunan walaupun ada yang fluktuatif. Rasio struktur modal yang diduga mempengaruhi naik turunnya nilai perusahaan yaitu DAR dan DER. Sedangkan rasio profitabilitas yang diduga mempengaruhi naik turunnya nilai perusahaan yaitu ROA dan ROE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Struktur Modal (DAR dan DER) dan Profitabilitas (ROA dan ROE) terhadap Nilai Perusahaan (Rasio Tobin’s Q). Populasi yang digunakan dalam penelitian yaitu Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Semen yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2017. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel DAR. DER, ROA dan ROE secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan, DAR, DER, ROA, dan ROE tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Serta variabel yang dominan memiliki pengaruh adalah ROA. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa variabel DAR. DER, ROA dan ROE tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Dari hasil penelitian tersebut, diharapkan Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Semen yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2017 mampu mengoptimalkan struktur modal dalam membiayai kegiatan operasional perusahaan. Selain itu, perusahaan diharapkan dapat menghasilkan laba secara efektif dan efisien baik menggunakan aset maupun modal, sehingga dapat menghasilkan laba yang maksimal.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:73840
Deposited By:Perpustakaan Fisip Undip
Deposited On:09 Jul 2019 10:58
Last Modified:09 Jul 2019 10:58

Repository Staff Only: item control page