Hubungan antara Modal Psikologis dengan Kebahagiaan ditempat kerja pada Karyawan Marketing PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Palembang

Ayuningtias, Annesa and Nurtjahjanti, Harlina (2019) Hubungan antara Modal Psikologis dengan Kebahagiaan ditempat kerja pada Karyawan Marketing PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Palembang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
148Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Modal psikologis dengan Kebahagiaan di tempat kerja pada karyawan di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Palembang. Modal psikologis adalah kemampuan yang dimiliki individu untuk meningkatkan kualitas diri dengan dengan kepercayaan diri (self-efficacy), optimis (optimism), harapan (hope) dan ketahanan (resiliency). Kebahagiaan di tempat kerja adalah perasaan bahagia yang membuat karyawan menjadi lebih produktif, termotivasi, percaya diri, serta mengelola dan memaksimalkan kinerjanya sehingga tujuan organisasi dapat tercapai dengan baik. Populasi penelitian ini berjumlah 158 karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Palembang dengan sampel 110 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Alat ukur dalam penelitian ini adalah Skala Modal psikologis (44 aitem α= 0,949) dan Skala Kebahagiaan di tempat kerja (35 aitem α =0,906). Analisis data menggunakan regresi sederhana dengan hasil yang menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara Modal psikologis dengan Kebahagiaan di tempat kerja pada karyawan di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Palembang pada karyawan sebesar rxy = 0.510 p = 0.000 (p<0,05). Modal psikologis memberikan sumbangan efektif sebesar 26,0% dalam mempengaruhi Kebahagiaan di tempat kerja, sisanya sebesar 74,0% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di ungkap dalam penelitian ini.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:73621
Deposited By:Ms Siti Yuanah Psikologi
Deposited On:23 Aug 2019 14:55
Last Modified:23 Aug 2019 14:55

Repository Staff Only: item control page