PENGELOLAAN ANTRIAN DI PELAYANAN RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN ALGORITMA PENJADWALAN DENGAN KOMBINASI METODE FIRST COME FIRST SERVED DAN PRIORITY SCHEDULLING

SALIM, D Jayus Nor and Suseno, Jatmiko Endro and Nurhayati, Oky Dwi (2019) PENGELOLAAN ANTRIAN DI PELAYANAN RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN ALGORITMA PENJADWALAN DENGAN KOMBINASI METODE FIRST COME FIRST SERVED DAN PRIORITY SCHEDULLING. Masters thesis, School of Postgraduate.

[img]
Preview
PDF
1187Kb
[img]
Preview
PDF
184Kb
[img]
Preview
PDF
645Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

453Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1174Kb
[img]
Preview
PDF
181Kb
[img]
Preview
PDF
288Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

771Kb

Abstract

Manusia tidak lepas dari aktifitas yang membutuhkan antrian. Saat ini antrian yang digunakan kebanyakan masih bersifat konvensional. Antrian ini dilakukan secara manual, pengunjung mengambil nomor antrian dan menunggu hingga tiba gilirannya. Pada sistem komputer terdapat beberapa teori antrian, seperti FIFO, LIFO, Priority Scheduling dan lain sebagainya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian akan mengadopsi dari teori antrian yang digunakan oleh sistem komputer. Antrian konvensional FCFS akan tetap menjadi metode utama, kemudian ditambah dengan kombinasi dari metode PS sehingga pelanggan dapat memilih waktu pelayanan. Sistem antrian ini memanfaatkan teknologi cloud computing sehingga pelanggan dapat memesan antrian dimanapun dan memonitoring proses antrian melalui sistem online. Penelitian ini dilakukan di sebuah pelayanan kesehatan. Sample data berupa data antrian dari jenis pasien yang berbeda, yakni pasien umum, BPJS, dan instansi. Data antrian tersebut akan dianalisa dan dibandingkan ketika menggunakan antrian konvensional dan setelah menggunakan sistem antrian ini. Hasilnya rata-rata waktu menunggu di pelayanan kesehatan tersebut dengan menggunakan sistem antrian konvensional adalah 2-5 jam, sedangkan dengan menggunakan sistem ini adalah 10-30 menit Kata Kunci: Sistem antrian, Teori antrian, FCFS, Algoritma penjadwalan, Komputasi awan  People must have been queuing up at service places like banks, hospitals, etc. Most of the queues are still conventional. The process of queue is manually, the customer takes the queue number and waits until it's his turn. In computer sistems people are familiar with queuing theory, such as FIFO, LIFO, PS, etc. This study, queuing sistem will adopt from queue theory which is used by computer sistem. FCFS will be the main method, then combined with PS so the customer can choose time of service. This queue sistem use cloud computing technology so customers can order queues anywhere and monitor the queue process through an online sistem. This study was conducted at the health service place. The sample is queue data from regular, BPJS, and institution patients. They will be analyzed and compared when using the conventional queue and after using this queue sistem.. The average waiting time in the hospital service using a conventional queue sistem is 2-5 hours, while using this sistem is 10-30 minutes. Keywords: Queue sistem, Queuing theory, FCFS, Priority Scheduling, Cloud computing

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions:School of Postgraduate > Master Program in Information System
ID Code:72426
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 May 2019 15:01
Last Modified:07 May 2019 15:01

Repository Staff Only: item control page