PENGARUH EDUKASI KEPADA ORANGTUA MELALUI BUKU KESEHATAN TERHADAP PERTUMBUHAN ANAK DENGAN PENYAKIT JANTUNG BAWAAN ASIANOTIK

Ekaputera, M. Reza Wijoko and SOETADJI, ANINDITA and Pratiwi, Rina (2019) PENGARUH EDUKASI KEPADA ORANGTUA MELALUI BUKU KESEHATAN TERHADAP PERTUMBUHAN ANAK DENGAN PENYAKIT JANTUNG BAWAAN ASIANOTIK. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
569Kb
[img]
Preview
PDF
169Kb
[img]
Preview
PDF
382Kb
[img]
Preview
PDF
344Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

345Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

163Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

83Kb

Abstract

Latar Belakang : Penyakit Jantung Bawaan (PJB) merupakan penyebab kematian terbanyak dari semua kelainan bawaan, angka kejadiannya cukup tinggi, serta dapat menimbulkan gangguan pertumbuhan. Pengetahuan orangtua mengenai PJB masih rendah, melalui edukasi diharapkan kualitas hidup anak PJB dapat meningkat. Belum ada buku harian untuk memantau kesehatan anak PJB. Tujuan : Mengetahui pengaruh edukasi melalui buku harian Penyakit Jantung Bawaan terhadap pertumbuhan anak dengan Penyakit Jantung Bawaan Asianotik. Metode : Jenis penelitian merupakan quasi eksperimental dengan rancangan penelitian Pre Test and Post Test Control Group Design, dilakukan pada orangtua yang mempunya anak dengan PJB asianotik berusia 3 bulan-5 tahun yang datang ke Poliklinik Anak RSUP Dr. Kariadi Semarang pada bulan Agustus sampai November 2018. Subjek penelitian ini sebanyak 30 anak PJB asianotik dengan 15 anak yang dilakukan edukasi pada orangtua menggunakan buku harian dan 15 anak yang tidak dilakukan edukasi pada orangtua. Pengambilan data dilakukan dengan mengukur berat badan pada bulan pertama dan bulan kedua serta dilakukan pertanyaan mengenai frekuensi sakit. Berat badan diplotkan ke kurva WHO sehingga didapatkan WAZ (Weight for Age Z-Score). Hasil : Median ΔWAZ kelompok edukasi 0,22 dan kelompok tidak edukasi 0,09 dari uji Mann Whitney p=0,819. Rerata WAZ sebelum edukasi -2,39 dan setelah edukai -2,27 dari uji t-dependent nilai p=0,200. Frekuensi sakit berpengaruh terhadap pertumbuhan dari uji Regresi Linear p=0,032; R=0,554;R-Square=0,307. Pendidikan orangtua berpengaruh terhadap pertumbuhan dari uji Regresi Ordinal p=0,000; Pseudo R-Square=0,790. Kesimpulan : Edukasi menggunakan buku harian tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan anak dengan PJB Asianotik. Frekuensi sakit dan pendidikan orangtua merupakan perancu sehingga berpengaruh terhadap pertumbuhan. Kata Kunci : Edukasi, Pertumbuhan, Penyakit Jantung Bawaan, Asianotik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:72208
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 May 2019 09:52
Last Modified:02 May 2019 09:52

Repository Staff Only: item control page