FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERSEPSI DAN KESIAPAN DOSEN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO TERHADAP INTERPROFESSIONAL EDUCATION (IPE)

Situmorang, Jennifer Patricia T. and Bakri, Saekhol and Adespin, Dea Amarilisa (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERSEPSI DAN KESIAPAN DOSEN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO TERHADAP INTERPROFESSIONAL EDUCATION (IPE). Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
551Kb
[img]
Preview
PDF
122Kb
[img]
Preview
PDF
161Kb
[img]
Preview
PDF
120Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

281Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

111Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

20Kb

Abstract

Latar belakang Kualitas pelayanan kesehatan sangat ditentukan oleh kemampuan berkolaborasi, kerjasama dan komunikasi antar profesi tenaga kesehatan yang dapat ditingkatkan melalui program Interprofessional Education (IPE). Persepsi dan kesiapan dosen pembimbing adalah bagian penting dalam pelaksanaan program IPE. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran persepsi dan kesiapan, faktor-faktor yang berhubungan dengan persepsi dan kesiapan, dan hubungan antara persepsi dan kesiapan dosen FK Undip terhadap IPE. Metode : Penelitian deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling pada dosen Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro yang telah bertugas sebagai dosen pembimbing lapangan (DPL) IPE tahun 2018. Responden terdiri dari 14 dosen Kedokteran, 10 dosen Ilmu Keperawatan, dan 11 dosen Ilmu Gizi. Data diambil menggunakan kuesioner Interprofessional Education Perceptions Scale (IEPS) untuk menilai persepsi dosen terhadap IPE dan Readiness Interprofessional Learning Scale (RIPLS) dimodifikasi untuk menilai kesiapan dosen terhadap IPE. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi Pearson untuk menguji hubungan persepsi dan kesiapan dosen terhadap IPE. Hasil : Mayoritas dosen FK Undip memiliki persepsi (68.6%) dan kesiapan (82,9 %) dalam kategori baik terhadap IPE. Terdapat perbedaan bermakna (p = 0,005) kesiapan dosen terhadap IPE berdasarkan karakteristik jurusan. Terdapat hubungan positif yang sedang (p = 0,000 ; r = 0.570) antara persepsi dan kesiapan dosen FK Undip terhadap IPE. Simpulan : Terdapat faktor yang berhubungan dengan kesiapan dosen terhadap IPE. Persepsi dosen terhadap IPE berhubungan dengan kesiapan dosen terhadap IPE. Kata kunci : IPE, Persepsi, Kesiapan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:72081
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Apr 2019 08:26
Last Modified:29 Apr 2019 08:26

Repository Staff Only: item control page