HUBUNGAN FUNGSI KOGNITIF DENGAN GANGGUAN KESEIMBANGAN POSTURAL PADA LANSIA : Studi dilaksanakan pada Rumah Pelayanan Sosial Lanjut Usia Pucanggading dan Kelurahan Sampangan Semarang

Pramadita, Arrilia Putri and Wati, Arinta Puspita and MUHARTOMO, HEXANTO (2019) HUBUNGAN FUNGSI KOGNITIF DENGAN GANGGUAN KESEIMBANGAN POSTURAL PADA LANSIA : Studi dilaksanakan pada Rumah Pelayanan Sosial Lanjut Usia Pucanggading dan Kelurahan Sampangan Semarang. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
387Kb
[img]
Preview
PDF
99Kb
[img]
Preview
PDF
460Kb
[img]
Preview
PDF
290Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

98Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

144Kb
[img]
Preview
PDF
85Kb

Abstract

Latar Belakang: Lanjut usia sering mengalami penurunan fungsi kognitif yang menyebabkan penurunan persepsi, sensori, respon motorik dan penurunan reseptor propioseptif pada sistem saraf pusat (SSP) sehingga dapat menyebabkan gangguan keseimbangan postural. Penelitian mengenai hal ini belum banyak diteliti khususnya di Jawa Tengah. Tujuan: : Untuk mengetahui hubungan fungsi kogntiif dengan gangguan keseimbangan postural pada lansia. Metode: Penelitian observasional dengan rancangan belah lintang. Pengambilan sampel menggunakan consequtive sampling. Subjek penelitian adalah lansia berusia 60-80 tahun, dapat berjalan tanpa alat bantu dan tidak memiliki riwayat depresi, stroke, Parkinson, trauma kepala serta tidak ada kelemahan/cacat tungkai. Penelitian dilaksanakan di Unit Pelayanan Sosial Pucanggading dan di Kelurahan Sampangan (Bendan Ngisor) Kota Semarang periode bulan April-Mei 2018. Subjek penelitian diperiksa fungsi kognitif menggunakan Montreal Cognitive Assesment versi Indonesia (MoCa-Ina) dan tes keseimbangan menggunakan test Rmberg dan R omberg dipertajam. Faktor perancu dalam penelitian ini adalah BMI ( Body Mass Index), diabetes melitus, hipertensi dan aktivitas fisik. Data dianalisis dengan uji Chi -Square. Hasil dianggap bermakna bila nilai p<0,05. Hasil: Didapatkan hubungan bermakna antara fungsi kgnitif dengan gangguan keseimbangan postural pada lansia (p=0,016). Tidak didapatkan hubungan bermakna antara faktor perancu terhadap gangguan keseimbangan postural pada lansia. Simpulan: Terdapat hubungan bermakna antara fugnsi kogntif dengan gangguan keseimbangan postural pada lansia. Kata Kunci: Gangguan Keseimbangan Postural, Fungsi Kognitif, Moca-Ina, Test Romberg, Test Romberg Dipertajam.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:72056
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Apr 2019 10:00
Last Modified:26 Apr 2019 10:00

Repository Staff Only: item control page