KONSISTENSI PERNAUNGAN DALAM TRANSFORMASI RUMAH JAWA MODERN PADA ABAD KE 20 DI LAWEYAN SURAKARTA Shelter Consistency on the Transmorfation of Modern Javanese House in the 20th Century at Laweyan Surakarta

Joko Cahyono, Untung and Setioko, Bambang and Woro Murtini, Titien (2015) KONSISTENSI PERNAUNGAN DALAM TRANSFORMASI RUMAH JAWA MODERN PADA ABAD KE 20 DI LAWEYAN SURAKARTA Shelter Consistency on the Transmorfation of Modern Javanese House in the 20th Century at Laweyan Surakarta. In: Eko Arsitektur, 03 Desember 2015, Arsitektur Tri Sakti.

[img]
Preview
PDF - Published Version
4Mb

Abstract

Rumah Jawa modern adalah hasil dari suatu proses transformasi da berarsitektur oleh masyarakat Jawa. Perkembangan teknologi bahan dan konstruksi dalam era modern mempengaruhi pemikiran dan keinginan masyarakat Jawa untuk merubah rumahnya dari konstruksi kayu yang bersifat sementara menjadi pasangan batu bata dan beton yang bersifat permanen. Konsekwensi dari perubahan itu adalah penyesuaian terhadap sistim “respon terhadap iklim”. Rumah Jawadikenal sebagai arsitektur pernaungan yang membaur dengan iklim tropis lembab. Sedangkan bangunan dengan bahan modern se beton yang diperkenalkan oleh bangsa Eropa bersifat perlindungan dan menahan dari pengaruh cuaca luar ruang. Paper ini membahas bagaimana rumah Jawa modern di Laweyan tetap menunjukkan prinsip pernaungan untuk mendapatkan kenyamanan dalam struktur bangunan yang lebih permanen dan berkesan tertutup. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa sistem pernaungan dalam rumah Jawa modern di Laweyan tetap konsisten diterapkan. Hal itu di tunjukkan dengan adanya ventilasi silang secara horizontal pada di adanya beranda danteritis dobel pada sekeliling bangunan dengan dinding yang relatif tinggi untuk mengurangi sinar matahari dan tampias air hujan; dan banyaknya bukaan dinding yang memaksimalkan pencahayaan alami. Sedangkan prinsip perlindungan diterapkan pada pelapisan atap sebagai proteksi terhadap radiasi matahari; dan pelapisan dindingbagian bawah dan lantai dengan bahan kedap air yang alami.Secara umum respon arsitektur Jawa modern terhadap iklim tropis lembab adalah pernaungan perlindungan--proteksi terhadap potensi negatif.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:N Fine Arts > NA Architecture
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
ID Code:71170
Deposited By:arsitek Agus Pramono arsitek
Deposited On:02 Apr 2019 13:57
Last Modified:02 Apr 2019 13:57

Repository Staff Only: item control page