Prosedur Pendaftaran Hak Tanggungan sebagai Jaminan Kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang

Jefri , Maulana Khoirul Umam (2018) Prosedur Pendaftaran Hak Tanggungan sebagai Jaminan Kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
360Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
313Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
439Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
436Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
143Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
65Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
678Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang. Prosedur pendaftaran hak tanggungan sebagai jaminan kredit UMKM merupakan upaya untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang bagaimana langkah – langkah dalam pendaftaran hak tanggungan sebagai jaminan kredit UMKM di Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui hambatan – hambatan dalam prosedur pendaftaran hak tanggungan sebagai jaminan kredit UMKM di Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian diperoleh bahwa prosedur pendaftaran hak tanggungan sebagai jaminan kredit UMKM di Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang mempunyai standar operasional prosedur (SOP) yakni Peraturan Kepala BPN RI No 1 Tahun 2010 yang memiliki memiliki 4 jenis tahapan yang dapat dirincikan menjadi 12 kegiatan alur, selain itu juga terdapat hambatan yang terjadi dalam prosedur pendaftaran hak tanggungan sebagai jaminan kredit UMKM, yaitu: hambatan dalam setiap tahapan prosedur pendaftaran hak tanggungan sebagai jaminan kredit UMKM di Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang. Saran yang dapat penulis sampaikan dalam penelitian ini yaitu agar pihak pemohon lebih teliti dalam pengajuan persyaratan permohonan, untuk pihak Kantor Pertanahan agar lebih memperbanyak database buku tanah untuk mempermudah pencarian dan juga lebih teliti dalam pencetakan sertipikat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Office Administration and Secretary
ID Code:70385
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:05 Mar 2019 10:02
Last Modified:05 Mar 2019 10:02

Repository Staff Only: item control page