“Co-Production Sebagai Metode Pencegahan Kejahatan Pencucian Uang dalam Industri Perfilman Hollywood: Studi Kasus Red Granite Pictures Tahun 2013-2017”

Yulius , Tyas Christrianto K. (2018) “Co-Production Sebagai Metode Pencegahan Kejahatan Pencucian Uang dalam Industri Perfilman Hollywood: Studi Kasus Red Granite Pictures Tahun 2013-2017”. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
518Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
143Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
258Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
365Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
87Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
103Kb

Abstract

Kejahatan pencucian uang sudah merambah ke kebudayaan pop, yang salah satunya adalah industri perfilman. Kasus pencucian uang oleh Red Granite Pictures merupakan kasus pencucian uang yang pertama dalam industri perfilman. Diperlukan metode yang spesifik agar dapat mencegah terjadinya kejahatan pencucian uang dalam industri perfilman di masa depan. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menganalisa kerjasama co-production sebagai metode pencegahan pencucian uang, dengan terlebih dulu mendiskripsikan situasi dan kondisi industri perfilman Amerika Serikat dan Uni Eropa, perkembangan kerjasama co production, penanganan kasus Red Granite Pictures, hingga hambatan rekomendasi FATF terkait pencucian uang. Skripsi ini menggunakan metode penilitian kualitatif dengan tipe penelitian eksplanatif serta dianalisis dengan mengumpulkan data yang didapat dari buku, laporan tahunan evaluasi beserta rekomendasi dari FATF, dan media massa. Penjelasan dari konvensi co-production sebagai metode pencegahan pencucian uang menggunakan teori kebijakan publik, dan komisi perfilman nasional akan dianalisa menggunakan teori neoliberal institusionalisme dengan FATF sebagai bridging institution. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konvensi co-production merupakan kebijakan yang tepat dalam mencegah kejahatan pencucian uang di industri perfilman. Hal ini dapat dilihat dari pengaturan konvensi co-production oleh Uni Eropa yang sejalan dengan rekomendasi FATF terkait pencucian uang.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JZ International relations
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations
ID Code:70327
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Mar 2019 13:48
Last Modified:04 Mar 2019 13:48

Repository Staff Only: item control page