PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL PRODUK WULING (Studi Pada Konsumen Mobil Produk Wuling Di Kota Semarang)

Rizal , Putra Amanda (2018) PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL PRODUK WULING (Studi Pada Konsumen Mobil Produk Wuling Di Kota Semarang). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
820Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
745Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
246Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
932Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
500Kb

Abstract

Pada era sekarang ini, alat transportasi menjadi alat penunjang manusia untuk mencapai tujuan tertentu. Hal tersebut menjadi pasar untuk perusahaan otomotif khususnya yang bergerak pada produk mobil. Wuling Motors merupakan salah satu merek kendaraan mobil yang baru masuk di Indonesia. Wuling Motors berasal dari Tiongkok yang dijalankan oleh perusahaan Liuzhou Wuling Automobile Industry Co.,Ltd. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada tahun 2018 mencatat penjualan Wuling pada tiap bulannya selalu mengalami kenaikan. Namun permasalahan yang terjadi angka penjualan, pada 5 bulan terakhir Wuling masih belum mencapai target penjualan perusahaan. Hal ini disebabkan harga dan promosi perusahaan yang masih kurang maksimal, mengingat Wuling Motors merupakan merek yang masih baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian mobil produk Wuling di kota Semarang. Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research dimana teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan alat bantu kuesioner dan sample berjumlah 100 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Responden yang dipilih adalah konsumen yang melakukan keputusan pembelian mobil Wuling di Kota Semarang. Metodologi yang digunakan untuk menganalisis data primer dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linear sederhana, regresi linear berganda, dan uji signifikansi (uji t dan F) dengan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 31,5% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor selain harga. Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 40,4% sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor selain promosi. Sedangkan, secara simultan harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 49,3% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain selain harga dan promosi. Artinya semakin baik harga dan promosi maka semakin tinggi keputusan pembelian mobil Wuling. Selain itu promosi mempunyai pengaruh yang paling besar dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,587. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat memberikan saran agar Wuling Motors meningkatkan promosi produk agar lebih dikenal masyarakat luas dan memberikan harga yang sesuai dengan nilai produk yang ditawarkan oleh Wuling Motors.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:69892
Deposited By:Perpustakaan Fisip Undip
Deposited On:25 Feb 2019 15:21
Last Modified:25 Feb 2019 15:21

Repository Staff Only: item control page