NARAPIDANA YANG BARU MASUK DENGAN NARAPIDANA YANG AKAN SEGERA BEBAS(Studi pada Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Wanita Semarang)

Anggraini, Diah and Hadiati, Titis and Sarjana A.S, Widodo (2019) NARAPIDANA YANG BARU MASUK DENGAN NARAPIDANA YANG AKAN SEGERA BEBAS(Studi pada Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Wanita Semarang). Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
529Kb
[img]
Preview
PDF
209Kb
[img]
Preview
PDF
345Kb
[img]
Preview
PDF
326Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

345Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

252Kb

Abstract

Latar Belakang : Narapidana adalah seseorang yang melakukan tindak kejahatan dan dijatuhi hukuman berupa hilangnya hak kemerdekaan sehingga harus menjalani keseharian di Lembaga Pemasyarakatan. Selama terpenjara, narapidana terisolasi dari dunia luar, terpisah dari orang-orang terdekat, kehilangan privasi, dan harus mentaati peraturan di Lapas yang dapat menyebabkan ketegangan psikologis yang mengarah kepada stres. Resiliensi merupakan kemampuan untuk beradaptasi pada keadaan yang menekan, kemampuan resiliensi dibutuhkan narapidana untuk menghadapi stressor sehingga narapidana baru masuk dapat beradaptsi dengan baik dan narapidana yang akan segera bebas memiliki kesiapan dan percaya diri untuk kembali lagi ke masyarakat. Tujuan : Mengetahui perbedaan tingkat stres dan tingkat resiliensi narapidana baru masuk dengan narapidana yang akan segera bebas. Metode : Penelitian observasional analitik dengan rancangan belah lintang yang dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Wanita Semarang. Subjek penelitian adalah 24 narapidana baru masuk dan 20 Narapidana segera bebas. Pengukuran tingkat stres diukur menggunakan kuesioner DASS 42, sedangkan tingkat Resiliensi diukur menggunakan kuesioner CD-RISC. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji Fisher Exact Hasil : Pada penelitian didapatkan perbedaan yang tidak bermakna pada tingkat stres ( p = 1.00) dan tingkat resiliensi ( p = 0.16) antar kelompok penelitian. Kata Kunci : narapidana, tingkat stres, tingkat resiliensi

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:69342
Deposited By:Ms Lutfiatun Heni
Deposited On:07 Feb 2019 10:15
Last Modified:07 Feb 2019 10:15

Repository Staff Only: item control page