TINJAUAN TERHADAP PELAKSANAAN PEMENUHAN HAK BAGI PEKERJA/BURUH OUTSOURCING DI PT SIAM CEMENT GROUP READYMIX INDONESIA PLANT SEMARANG

Herawati, Tutut and Sonhaji , Sonhaji and SUHARTOYO, SUHARTOYO (2018) TINJAUAN TERHADAP PELAKSANAAN PEMENUHAN HAK BAGI PEKERJA/BURUH OUTSOURCING DI PT SIAM CEMENT GROUP READYMIX INDONESIA PLANT SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

289Kb
[img]
Preview
PDF
220Kb
[img]
Preview
PDF
375Kb

Abstract

Pertumbuhan penduduk yang semakin tinggi dan penyebaran penduduk yang kurang seimbang di bidang ketenagakerjaan membuat munculnya sistem-sistem baru yang diterapkan di perusahaan-perusahaan bagi pekerjanya. Salah satu dari sistem itu adalah sistem pekerja/buruh kontrak atau yang lebih dikenal dengan istilah outsourcing. Banyak perusahaan besar yang beralih menggunakan metode alternative dengan mengalihkan sebagian pekerjaannya kepada perusahaan lain. Hal ini dipicu oleh strategi perusahaan untuk melakukan efesiensi biaya dengan menekan biaya pekerja/buruh sedemikian rupa tanpa bisa menuntut hak normatif yang wajar. Penelitian ini mengambil permasalahan bagaimana pelaksanaan pemenuhan hak bagi pekerja/buruh outsourcing di PT SCG Readymix Indonesia Plant Semarang dan apa saja hambatan dan solusi yang dilakukan dalam pelaksanaan pemenuhan hak bagi pekerja/buruh outsourcing di PT SCG Readymix Indonesia Plant Semarang. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian penulisan hukum ini adalah yuridis empiris, data primer sebagai data utama dalam penulisan dan data sekunder sebagai data pendukung. Spesifikasi penelitian bersifat deskriptif analisis untuk memberikan gambaran mengenai fakta yang nampak kemudian dianalisis dan diambil kesimpulan secara umum dari masalah yang diteliti. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,observasi dan studi kepustakaan. Metode analisis data menggunakan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pemenuhan hak bagi pekerja/buruh outsourcing di PT SCG Readymix Indonesia belum sepenuhnya sesuai dengan Permenakertrans Nomor 19 Tahun 2012, karena dalam pemenuhan hak pekerja/buruh terkait upah lembur dan cuti tahunan tidak diberikan padahal setiap buruh menginginkan kehidupan yang lebih baik. Adapun hambatan yang di alami oleh PT SCG Readymix Indonesia adalah adanya pekerja/buruh yang mengakhiri hubungan kerja sebelum perjanjian kerja berakhirserta pekerja/buruh ingin statusnya lebih baik dan diangkat menjadi pekerja tetap . Selanjutnya upaya yang dilakukan oleh PT SCG Readymix Indonesia diadakannya rekrutmen pekerja/buruh setiap tahunnya dengan menyelesaikan masalah secaramusyawarah. Kata Kunci:Pemenuhan Hak, Pekerja/Buruh, Outsourcing, PT SCG Readymix Indonesia Plant Semarang.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:68764
Deposited By:Ms Fahim FH
Deposited On:16 Jan 2019 10:55
Last Modified:16 Jan 2019 10:55

Repository Staff Only: item control page