PENGARUH BERMAIN DAN BELAJAR MELALUI PERMAINAN PUZZLE TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP ANAK USIA DINI (5-6TAHUN) MENGENAI SEKSUALITAS(STUDI DI TK KELURAHAN BUGANGAN, SEMARANG TIMUR, KOTA SEMARANG)

MUFLIHAH, HASNA FADHILAH (2018) PENGARUH BERMAIN DAN BELAJAR MELALUI PERMAINAN PUZZLE TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP ANAK USIA DINI (5-6TAHUN) MENGENAI SEKSUALITAS(STUDI DI TK KELURAHAN BUGANGAN, SEMARANG TIMUR, KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
52Kb

Abstract

Kota Semarang yang dinobatkan sebagai Kota Layak Anak se- Indonesia masih terdapat kasus kekerasan seksual pada anak. Dari 16 kecamatan yang ada di Kota Semarang, Kecamatan Semarang Timur merupakan kecamatan yang memiliki kasus kekerasan seksual tertinggi dengan kasus yang terjadi tiap tahunnya di Kelurahan Bugangan. Kurangnya informasi seksulitas pada anak adalah salah satu penyebab anak dapat menjadi korban kekerasan seksual. Informasi seksualitas dapat disampaikan dengan berbagai cara kepada anak, salah satunya melalui puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain dan belajar melalui permainan puzzle terhadap pengetahuan dan sikap anak usia dini mengenai seksualitas. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment design dengan rancangan penelitian non equivalent control group. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah 20 responden pada setiap kelompok. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan pengetahuan dan sikap sebesar 40% setelah diberikan intervensi pada kelompok eksperimen, sedangkan pada kelompok kontrol pengetahuan dan sikap cenderung tetap . Hasil analisis bivariat menyatakan bahwa bermain dan belajar melalui permainan puzzle dapat mempengaruhi pengetahuan anak (𝜌=0,000) dan sikap anak (𝜌=0,000) pada kelompok eksperimen, sedangkan pada kelompok kontrol pengetahuan anak untuk (𝜌=0,096) dan sikap anak (𝜌=0,666) menunjukan tidak ada perbedaan antara pretest dan posttest. Kata Kunci: bermain dan belajar melalui Permainan puzzle, pengetahuan, sikap, anak usia dini

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:68540
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Jan 2019 10:11
Last Modified:10 Jan 2019 10:11

Repository Staff Only: item control page